Kabarmlg.com – Sabtu, 10 November 2018, AIESEC Universitas Brawijaya mengadakan acara Youth Speak Forum Malang di Aula Gedung FEB Universitas Brawijaya, Malang. Youth Speak Forum adalah event untuk menyatukan pemuda untuk saling menginspirasi & memberikan ide mengenai isu-isu yg sedang tren saat ini, acara ini bertujuan untuk mempertemukan para pemuda-pemudi yang datang dari latar belakang yang berbeda dengan tujuan yang sama, yaitu untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Youth Speak Forum Malang ini mengusung tema Encouraging the Creation & Development of Digital Innovations. Tema ini bermaksud agar para pemuda dapat mengeluarkan suaranya dan melakukan perubahan pada ranah inovasi digital atau teknologi.

Youth Speak Forum Malang juga mendukung SDGs dalam acaranya. SDGs sendiri merupakan tujuan yang diusung oleh PBB dan 193 negara lainnya mengenai berbagai aspek guna mewujudkan dunia yang lebih baik pada tahun 2030. Beberapa SDGs yang didukung dalam acara ini adalah SDGs nomor 3 mengenai kesehatan (good health and well being), nomor 4 mengenai pendidikan (quality education), dan nomor 8 mengenai pertumbuhan ekonomi (decent work and economic growth). SDGs yang dibahas pada Youth Speak Forum Malang adalah permasalahan yang berada di kota Malang, sehingga acara ini dapat memberikan dampak positif bagi Kota Malang.

  

Acara ini terbagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi seminar, panel discussion, dan workshop dalam bentuk forum group discussion.  Pemateri yang hadir pada Youth Speak Forum Malang adalah orang-orang yang telah mahir dalam bidang-bidang SDGs yang diusung oleh Youth Speak Forum Malang. Pemateri tersebut antara lain Dr. Gamal Albinsaid (CEO Indonesia Medika), Willy Ariwiguna (Founder Ruang Belajar Aqil), dan Habsari Budhi Utami (CEO & Founder Skoline).

Menurut Nabilania, mahasiswi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, acara Youth Speak Forum Malang ini menarik dan memiliki pembicara-pembicara yang professional. “banyak pelajaran yang aku dapat dari acara ini, seperti aku menjadi lebih aware mengenai quality education, kesehatan dan ekonomi dari Malang. Pembicaranya juga menyampaikan tentang gerakan-gerakan anak muda yang bisa membantu orang-orang yg membutuhkan, dengan begitu aku pun sebagai generasi muda jadi bisa memahami apa yang perlu diperbaiki dari mindset orang-orang.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here