Sebagai kampus yang mewadahi segala minat dan bakat mahasiswanya, Polinema menyediakan berbagai organisasi, himpunan dan unit kegiatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Salah satu dari unit kegiatan yang ada di Polinema adalah Unit Aktivitas Bola Basket (UABB) Polinema. UABB merupakan salah satu cabang olahraga di bawah naungan Unit Kerja Mahasiswa Olahraga Polinema.

“UABB atau tim basket Polinema ini merupakan salah satu cabang olahraga yang ada di UKM Olahraga Polinema. Namun, kami juga memiliki susunan organisasi dan kepengurusan sendiri,” jelas Bryan, manajer UABB Polinema. 

Pertandingan basket putri LA campus league polinema
Foto: Hazmi

Saat ini, UABB Polinema memiliki dua tim yang disiapkan untuk mengikuti berbagai kompetisi bola basket, yakni tim putra dan tim putri. Untuk jumlah anggota, UABB memiliki anggota sekitar 30 orang. 

“Untuk jumlah anggotanya, saya kurang tahu pasti, sih. Tapi kira-kira 30-an lah. Itu nanti setiap selesai event, akan diadakan evaluasi bagi pemain yang bertanding. Hasil evaluasi nanti diperlukan untuk menghadapi dan mempersiapkan tim yang akan bertanding di event selanjutnya,” ungkap Bryan. 

Foto: Hazmi
Pertandingan basket putri LA campus league
Foto: Hazmi

Di tahun 2019 ini, UABB Polinema telah mengikuti event Liga Mahasiswa yang diadakan di GOR UIN Maulana Malik Ibrahim. Hasil dari event tersebut akan digunakan sebagai evaluasi untuk menghadapi turnamen LA Campus League regional Malang yang diadakan di Graha Polinema pada 7-12 Oktober 2019.

“Kemarin tim basket kami sudah mengikuti event Liga Mahasiswa yang ada di UIN. Setelah itu kami juga melakukan persiapan untuk menghadapi turnamen LA Campus League ini,” ujar Bryan.

Tim Putri UABB basket polinema
Foto: UABB Polinema

Persiapan Tim Basket Polinema Menghadapi LA Campus League

Untuk menghadapi LA Campus League tahun ini, UABB Polinema telah melakukan berbagai persiapan, salah satunya adalah menambah porsi latihan dari yang sebelumnya seminggu tiga kali menjadi seminggu empat kali. Selain itu, anggota tim yang dipilih untuk turun dalam turnamen tersebut merupakan 12 anggota terbaik yang telah melewati hasil seleksi. 

“Untuk latihan rutin, kita sebenarnya ada seminggu tiga kali. Namun, karena kami akan menghadapi event, jumlah latihan kami tambah menjadi seminggu empat kali. Itu pun bisa juga ditambah dengan latihan di hari Sabtu atau Minggu. Untuk anggota yang dipilih pada turnamen ini, kami memilih dua belas pemain terbaik, baik putri maupun putra, karena jumlah maksimal yang bisa didaftarkan hanya dua belas orang,” jelas Bryan.

Tim Putra UABB basket Polinema
Foto: UABB Polinema

Selain itu, Bryan juga mengungkapkan bahwa target yang dipasang tim UABB Polinema pada turnamen ini adalah menjadi juara. Menjadi tuan rumah merupakan faktor utama bagi mereka untuk mematok target juara.

“Target kami di turnamen ini, kalau bisa jadi juara, mas. Kami sudah melakukan persiapan yang cukup panjang dan kami juga bertindak sebagai tuan rumah. Jadi, untuk target, kalau bisa juara,” ungkap Bobby.

Senada dengan Bobby, Elang, selaku ketua UABB Polinema yang juga anggota tim putra, juga menargetkan untuk menjadi juara di turnamen LA Campus League kali ini.

“Sebenarnya target kita hanya tampil baik di pertandingan-pertandingan yang dihadapi. Tapi untuk kali ini, kalau bisa sih sampai juara, karena kami main di rumah sendiri,” kata Elang. 

Untuk pertandingan pertama di event LA Campus League, tim putri Polinema sukses menekuk tim putri Stiki dengan skor 38-24. Selain itu, tim putra Polinema juga berhasil menyudahi perlawanan tim Putra Unmer, 35-56. Untuk pertandingan Polinema selanjutnya, bisa dilihat di Jadwal Pertandingan LA Campus League 2019 Seri Malang.

Jika kamu mahasiswa Polinema yang ingin join atau penasaran seperti apa aktivitas UABB, langsung cek aja Instagram @basketpolinema

Reporter: Zahri

Fotografer: Hazmi

Editor: Icha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here