Malang- Meningkatkan minat baca pada siswa siswi Sekolah Dasar (SD) merupakan upaya literasi yang harus terus dilaksanakan. Salah satu cara agar siswa rajin membaca ialah dengan memfasilitasi adanya perpustakaan di sekolah. Perpustakaan dapat menjadi sarana pemenuhan kebutuhan bagi siswa terhadap informasi dan ilmu pengetahuan.

Bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Malang, Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 15 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendatangkan Perpustakaan Keliling, Jumat (01/02/2019). KKN yang didampingi Zainal Arifin ini dilaksanakan di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Perpustakaan keliling hadir di SD Negeri 01 Kanigoro. Kegiatan ini merupakan realisasi dari program kerja “Baca Buku” oleh Divisi Pendidikan dan Agama KKN Kelompok 15 yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

“Selain dapat mengenalkan layanan publik kepada siswa siswi, adanya perpustakaan keliling dapat juga menjadi inovasi pembangunan perpustakaan di sekolah tersebut”, ujar Hamisul Fuadi selaku penanggung jawab kegiatan.

 

Mobil Perpustakaan Keliling yang parkir tepat di halaman sekolah langsung didatangi kerumunan siswa siswi SD Negeri 01 Kanigoro. Kegiatan Baca Buku Kelompok KKN bimbingan Ir. Muhammad Irfan, MT. ini diikuti oleh siswa-siswi dari kelas 4, 5, dan 6. Anstusias siswa untuk membaca buku-buku dari perpustakaan keliling cukup tinggi. Salah seorang siswi pun dengan semangat menanyakan prosedur peminjaman buku kepada petugas. Sayangnya, buku yang dibawa oleh perpustakaan keliling hanya dapat dibaca di tempat.

 Kordinator Desa KKN Kelompok 15, Wahyu Khaizzuzaki menyatakan “Dengan kehadiran perpustakaan keliling diharapkan anak-anak bisa meningkatkan budaya membaca. Kita tumbuhkan budaya membaca sejak dini agar kelak dimasa mendatang mereka sudah terbiasa membaca buku”.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here