Kabarmlg.com – Kelulusan merupakan salah satu momentum penting bagi para pelajar, khususnya pelajar SMA/SMK yang saat ini sedang hangat merayakan kelulusan. Masing-masing merayakan kesenangannya setelah berhasil melalui 3 tahun masa putih abu-abu. Terlepas dari kesenangan itu, ada hal yang rutin menjadi pertanyaan di benak para lulusan SMA/SMK setiap tahunnya. Mau lanjut kerja atau kuliah ya? Kalau kuliah ambil jurusan apa?

Kerja atau kuliah sama-sama pilihan yang positif. Jadi tidak ada salahnya jika kangyu memilih bekerja ataupun kuliah. Namun, jangan sia-siakan kesempatan untuk kuliah karena pendidikan itu penting. Pilihan lain, kangyu bisa bekerja terlebih dahulu sebelum melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Nah, bagi kangyu yang memilih kuliah, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih jurusan. Dari sekian banyaknya jurusan seperti manajemen, hukum, psikologi, ilmu komunikasi, teknik informatika, PGSD, kedokteran, farmasi, dan masih banyak lagi yang lainnya, kangyu harus berhati-hati. Beberapa orang baru menyadari bahwa ia salah jurusan ketika sudah memasuki masa kuliah. Jangan sampai kangyu mengalami hal yang sama. Yuk, simak apa saja yang perlu diperhatikan.

Source : Okezone.com

1. Ketahui minat dan bakat

Dengan mengetahui minat dan bakat, kangyu bisa memetakan jurusan-jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu, jika jurusan yang dipilih sesuai minat dan bakat, kuliah akan terasa lebih menyenangkan. Bagaimana mengetahui minat dan bakat? Kangyu bisa mengikuti tes minat dan bakat atau bertanya kepada orang-orang terdekat.

2. Pelajari tentang jurusan yang akan dipilih

Sebelum memilih jurusan, pastikan kangyu memahami tentang jurusan itu. Tidak sedikit mahasiswa yang menyatakan bahwa jurusan yang ia pilih tidak sesuai dengan yang ia bayangkan sebelumnya. Hal itu bisa jadi penghambat karena kuliah akan terasa berat untuk dijalani. Selain itu, kangyu juga harus mempertimbangkan bagaimana prospek kerja jurusan yang dipilih di masa mendatang.

3. Minta pendapat orang tua dan teman yang sudah kuliah

Apapun yang kangyu lakukan, restu orang tua tentu menjadi yang utama bukan? Termasuk dalam memilih jurusan di perguruan tinggi. Maka dari itu, diskusi bersama orang tua menjadi hal yang penting. Disamping itu, kangyu juga wajib banyak bertanya kepada teman yang sudah terlebih dahulu masuk ke perguruan tinggi. Dengan begitu, pikiran akan menjadi terbuka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here