Kabarmlg.com – Lawakan tunggal atau yang lebih populer dengan sebutan stand up comedy mulai booming di Indonesia sejak kurang lebih 6 tahun yang lalu. Hingga kini, stand up comedy sudah sangat berkembang di Indonesia. Bahkan beberapa kota besar memiliki komunitas tersendiri bagi para komikanya, sebutan bagi pelaku stand up comedy. Salah satunya adalah Kota Malang yang memiliki komunitas Stand Up Comedy Indo Malang.

Stand Up Comedy Malang yang terbentuk pada 23 Oktober 2011 sebenarnya juga bagian dari komunitas Stand Up Comedy Indonesia. Saat itu, beberapa komika yang sedang berkumpul sepakat untuk membentuk komunitas ini secara resmi. Hingga kini, anggota yang tergabung dalam komunitas sebanyak kurang lebih 60 orang dan diketuai oleh Ulwan Fakhri. Uniknya, tidak hanya komika yang bisa menjadi anggota di sini. Bagi orang-orang yang suka menonton serta orang-orang yang berkontribusi bagi komunitas, maka juga dianggap sebagai anggota dengan sebutan anggota istimewa. Bagi para komika sendiri biasa disebut anggota khusus.

Adanya komunitas ini tentu tidak semata untuk mengumpulkan orang-orang yang menyukai stand up comedy. Lebih dari itu, komunitas ini juga memberikan kesempatan agar bisa anggota bisa menjadikan komika yang lebih berkembang ke depannya. Terbukti dengan adanya kegiatan rutin yakni sharing comic dan open mic. Dalam sharing comic lebih menekankan pada pembelajaran secara teori, sedangkan open mic ditujukan untuk pembelajaran secara praktik. Perlu diketahui, terutama bagi anda yang juga suka menonton stand up comedy, anda bisa datang ke Toeman Eatery untuk menyaksikan open mic atau lebih tepatnya acara JUMATAWA secara gratis setiap hari Jumat.

Selain itu, komunitas yang memiliki tagline ‘Salam Satu Tawa’ ini juga memiliki proker besar yaitu Stand Up Night (SUN). Tepat pada Rabu (22/11) lalu, SUN telat diselenggarakan untuk yang ke-6 kalinya dengan dihadiri oleh lebih dari 3.500 penonton. Acara dimeriahkan oleh 10 orang komika local serta 8 orang komika nasional. Beberapa di antaranya adalah Wawan Saktiawan, Abdur Arsyad, Awwe, Gilbhas, Ardit Erwanda, dan masih banyak lagi.

Sejauh ini, sudah banyak komika hebat yang terlahir dari komunitas ini seperti Wawan, Abdur, dan Arie Kriting. Tentu para anggota ingin lebih banyak lagi komika nasional yang lahir dari Stand Up Comedy Malang. “Saya berharap komunitas ini bisa kembali ke masa jayanya ketika melahirkan komika-komika nasional” ungkap Ajib, salah satu anggota yang sudah bergabung sejak tahun 2013.

 

Photo: doc. Stand Up Comedy Malang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here