Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 19 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan sosialisasi dengan tema “STOP Bullying dan Etika Bersopan Santun”.  Acara yang berlangsung di SD Negeri 4 Jombok, Sabtu (5/8) tersebut menghadirkan dua pemateri dari Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LP3A) UMM. Peserta sosialisasi merupakan siswa-siswi kelas 4, 5 dan 6 SD Negeri 4 Jombok.

Dua pemateri tersebut merupakan orang-orang yang peduli dalam bidang Perempuan dan Anak, yaitu Dini Kurniawati dan Aini Alifatin dari LP3A UMM. Pemateri memberikan informasi mengenai Bullying dan Etika Bersopan Santun dengan menarik. Dimana informasi yang disampaikan di dampingi dengan penanyangan film animasi mengenai bullying dan etika bersopan santun. Sehingga para siswa tertarik dengan materi yang diberikan. Selain itu, pemateri mencoba menarik perhatian siswa dengan memberikan beberapa games dan pertanyaan dengan memberikan reward kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.

Dini Kurniawati, salah satu pemateri dari LP3A UMM Sosialisasi STOP Bullying dan Etika Bersopan Santun saat memberikan games kepada siswi di SD Negeri 4 Jombok. (Foto: HUMAS/KKN 19)

Dini Kurniawati dalam materi sosialisasi yang ia sampaikan, menuturkan bahwa bullying bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Ada empat jenis bullying, pertama bullying verbal, kedua bullying non-verbal, ketiga bullying fisik dan keempat bullying elektronik. “Dengan adanya sosialisasi ini, saya berharap para siswa tidak lagi melakukan bullying kepada temannya. Tidak lagi mengejek teman dengan kata-kata kasar. Peran orang tua serta guru juga sangat dibutuhkan untuk mengajarkan kepada siswa bahwa bullying itu tidak boleh dilakukan. Kita sejak usia dini agar tidak membawa kebiasaan bullying, karena seharusnya anak-anak dibiasakan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat,” ungkapnya.

Sosialisasi ini diadakan karena tidak lepas dari permasalahan di lingkungan sekolah yang akhir-akhir ini terjadi di Indonesia. Sehingga ini yang kemudian menjadi dasar bagi Divisi Pendidikan KKN 19 UMM untuk mengadakan sosialisasi “STOP Bullying dan Etika Bersopan Santun”. “Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, adik-adik usia Sekolah Dasar (SD) dapat membiasakan diri untuk tidak melakukan tindakan bullying dan lebih menghargai kepada sesama teman,” ungkap Irwanto selaku ketua pelaksana sosialisasi. (HUMAS KKN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here