Kabarmlg.com – Jika Malang biasa disebut sebagai Kota Pendidikan, maka tidak ada salahnya jika Malang juga disebut sebagai Kota Komunitas. Selain kampus-kampus di Malang yang banyak menjadi tujuan bagi para pelajar dari seluruh Indonesia, di Malang juga terdapat puluhan komunitas dengan fokus bidang yang berbeda-beda. Salah satunya yang akan diulas Kabarmlg kali ini adalah komunitas hobi, yakni Malang Skateboard Scene (MSS).

Malang Skateboard Scene merupakan sebuah komunitas yang menaungi para skateboarder di Malang. Sudah sembilan tahun sejak 2008 komunitas ini berdiri, dan saat ini sudah memiliki ratusan anggota yang terbagi dalam sub-sub komunitas berdasarkan daerah yang ada di Malang.

Sebagai salah satu komunitas anak muda di Malang, MSS memiliki motto “Skateboarding, Friendship, Dedication, and Achievements”. Masing-masing kata dalam motto tersebut memiliki makna tersendiri. Skateboarding, sebuah olahraga ekstrim yang banyak digemari oleh kalangan muda-mudi. Friendship, meningkatkan kebersamaan atau solidaritas di antara para skateboarder di Malang. Dedication, loyalitas dari para skateboarder untuk kemajuan olahraga skateboarding di Malang. Achievement, mampu melahirkan prestasi dan membawa nama besar kota malang di dalam event nasional.

Keseharian komunitas ini tentu saja berlatih bersama di skatepark. Para anggota MSS biasanya berlatih di Taman Dwiga Mojolangu, Taman Alun-Alun Malang serta Taman Merjosari yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Selain itu, anggota MSS juga sesekali berlatih di CFD Ijen dan Balai Kota Among Tani yang ada di Batu. Saat berlatih, beberapa anggota biasanya juga melakukan pembuatan video untuk keperluan publikasi yang juga bisa disebut sebagai ajang unjuk kebolehan bagi para skateboarder.

“Saya sudah lama bergabung di MSS. Yang pasti nambah pengalaman, terus tahu gimana bikin sebuah event. Biasanya dalam setahun, kami menyelenggarakan 5 sampai 7 agenda event. Selain itu juga bisa saling membentuk solidaritas dengan oran-orang yang memiliki hobi yang sama dengan saya.” cerita Faisal, salah satu anggota yang telah bergabung sejak tahun 2010.

Nah, buat kamu yang hobi main skateboard tapi baru tahu ada MSS, saatnya kamu gabung di MSS. Sangat mudah untuk menjadi anggota MSS, cukup langsung datang ke skaterpark tempat anggota MSS berlatih biasanya pada sore hingga malam hari. Selain itu, jika kamu belum memiliki papan skate pun tidak masalah karena bisa menyusul. Cukup dengan niat, jadi tunggu apa lagi.

Photo & Video: doc. MSS

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here