Kawasan Ijen-Simpang Balapan, merupakan kawasan yang terletak di jantung Kota Malang. Kawasan ini selalu ramai oleh lalu lalang kendaraan tiap harinya. Jalan Ijen bisa dibilang merupakan salah satu ikon bersejarah Kota Malang. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya bangunan-bangunan peninggalan Belanda yang masih berdiri megah hingga saat ini.

Menyusuri Spot-spot Menarik di Kawasan Ijen-Simpang Balapan
Foto: Hazmi Rizky

Kawasan Ijen disulap menjadi kawasan yang ramah pedestrian pada tahun 2016. Dengan bantuan dana CSR, trotoar yang ada di sepanjang jalan ini dipercantik sehingga memberi rasa nyaman bagi pejalan kaki yang melewatinya. Selain itu, di beberapa area tertentu juga dipasang kursi taman yang bisa ditempati ketika letih berjalan kaki. Kalian juga bisa berswafoto dengan latar belakang taman atau monumen melati yang menjadi ikon dari tempat ini.

Menyusuri Spot-spot Menarik di Kawasan Ijen-Simpang Balapan
Foto: Hazmi Rizky

Spot-Spot Menarik di Kawasan Ijen – Simpang Balapan

Di kawasan ini terdapat beberapa spot menarik yang bisa kalian kunjungi. Pertama adalah Museum Brawijaya. Museum ini merupakan museum militer yang menyimpan banyak informasi di era perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di sini, kalian bisa melihat berbagai replika benda seperti tank atau senjata yang digunakan oleh pahlawan Indonesia dulu ketika merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Jika kalian berminat untuk datang ke tempat ini, cukup merogoh kocek sebesar lima ribu rupiah. Tempat ini buka dari pukul 08.00 hingga 15.00.

Menyusuri Spot-spot Menarik di Kawasan Ijen-Simpang Balapan
Foto: Hazmi Rizky

Selain Museum Brawijaya, ada pula Perpustakaan Umum Kota Malang yang bisa menjadi pemuas bahan literasi kalian. Perpustakaan terbesar di Kota Malang ini memiliki koleksi buku yang cukup lengkap. Kalian bisa meminjamnya setelah menjadi anggota dari perpustakaan ini. Untuk syarat menjadi anggota, cukup menyiapkan KTP dan mengisi formulir yang sudah disediakan.

Menyusuri Spot-spot Menarik di Kawasan Ijen-Simpang Balapan
Foto: Hazmi Rizky

Setelah itu, kalian akan diminta untuk mengambil foto di tempat dan kalian sudah resmi menjadi anggota. selain menyediakan buku-buku yang bisa dipinjam, kalian juga bisa mengerjakan tugas sekolah atau kuliah di tempat ini. Tempat yang buka dari pukul 09.00 hingga 20.00 ini menyediakan fasilitas listrik dan wifi yang membuat nyaman pengunjungnya.

Lelah mengunjungi tempat-tempat unik, kalian bisa memuaskan dahaga kalian di SOB STMJ. Tempat ini terletak di kawasan Simpang Balapan. Kalian bisa memesan minuman tradisional STMJ yang bisa membuat hangat tubuh. Selain itu, beraneka ragam camilan seperti roti bakar juga ada di tempat ini. Tempat ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu sambil bercengkerama asyik dengan kerabat. SOB STMJ ini buka mulai dari puku 18.00 hingga 23.00.

Menyusuri Spot-spot Menarik di Kawasan Ijen-Simpang Balapan
Foto: Hazmi Rizky

Selain tempat-tempat tadi, sebenarnya masih banyak spot-spot lain yang bisa kalian kunjungi. Jika kalian sedang berada di Malang, sangat direkomendasikan untuk mampir ke kawasan Ijen-Simpang Balapan. Pesonanya akan membuat kalian terus mengingat suasana dan keindahan dari Kota Malang.

Editor: Icha

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here