Young people, social enthusiast, care, and creative. Seperti itulah rasanya sebutan yang tepat untuk menyebut salah satu komunitas sosial yang telah berdiri selama 5 tahun di kota Malang, Save Street Child Malang. Menyelamatkan nasib anak jalanan dengan meningkatkan kualitas hidup adik-adik jagoan ini dengan berbagai kegiatan seru, positif, dan edukatif.

Penampilan adik-adik bangsa ketika dalam acara Love and Share: Senandung Karya, Save Street Child Malang, tahun 2016 lalu (source: instagram.com/sschildmlg)

Salah satu acara rutin tahunan SSC adalah Love and Share. Acara ulang tahun yang memiliki tema dan rangkaian acara unik yang berbeda setiap tahunnya. Tahun kemarin, 2016, mengusung tema Senandung Karya, SSC menciptakan sebuah sentuhan baru yang memberikan warna semangat bagi adik-adik jagoan, masyarakat, maupun tim SSC sendiri berupa album musik “Senandung Karya”.

Proses rekaman album Senandung Karya, Save Street Child Malang (source: Save Street Child Malang)

 

Mas Ronny (kiri) aktor utama dibalik album Senandung Karya, Save Street Child Malang (source: Save Street Child Malang)

Tim KabarMLG mewawancarai langsung aktor utama dibalik mahakarya musik yang tentunya turut mewarnai perjalanan musik Malang. Yuk, simak bincang-bincang tim KabarMLG bersama Mas Ronni Kurniawan.

KM : Senandung Karya itu apa sih Mas?

R : Senandung Karya itu adalah tema acara Love and Share tahun kemarin, ulang tahun SSC yang ke-4.

KM : Lalu, apa sih alasannya menciptakan album musik Senandung Karya ini?

R : Saya itu suka bikin lagu dan suka musik. Jadi saya ingin memberikan kontribusi saya di SSC lewat musik. Lalu saya kepikiran untuk membuatkan sebuah album musik kemudian dijual. Harapannya sekalian donasi untuk kegiatan SSC. Karena temanya Senandung Karya, jadi judul lagunya juga Senandung Karya. Nah, dalam album ini ada 5 lagu sebenarnya, tapi yang ke-record cuma 4.

KM : Wah, apakah lirik lagu juga Mas Ronni yang garap?

R : Ya, semua lirik saya buat sendiri termasuk aransemen. Dibantu juga sama temen-temen dari Finger Style Malang, Ocarinesia, dan temen-temen SSC sendiri.

KM : Darimana Mas Roni terinspirasi untuk menciptakan lagu-lagu tersebut?

R : Semua lagu menceritakan adik-adiknya. Tiap lagu-lagu beda-beda. Lirik dari lagu Senandung Karya ini intinya mengajak untuk berkarya apapun meskipun keadaan seperti ini. Jangan takut berkarya karena semua orang punya kesempatan yang sama.

KM : Siapa yang mengisi suara pada lagu ini mas ?

R : Nah, lagu Senandung Karya dinyanyikan salah satu adik, Agil. Kebetulan dia juga bisa nyanyi jadi saya nggak terlalu banyak ngelatih. Sedangkan lagu lainnya, temen saya sendiri yang nyanyi

KM : Untuk penjualan albumnya seperti apa, Mas?

R : Kita juga menjualnya secara online, jadi beli sekaligus donasi untuk kegiatan SSC tahun ini.

KM : Respon dari masyarakat seperti apa, Mas?

R : Responnya lumayan, sih. Bisa diliat dari penjualannya, dalam waktu 2 bulan lebih, CD dengan 100 copy terjual habis.

KM : Kalau dari adik-adiknya?

R : Mereka senang sekali apalagi yang namanya Agil karena dia ngerasain nyanyi, pengalaman rekaman, membuat lagu dan orang tuanya juga ikut bangga.

KM : Kalau rekamannya dimana mas?

R : Di Minorcubes. Itu punya band Wake Up Iris, kebetulan temenku juga. Mereka juga jadi bintang tamu lho di acara Love and Share kemarin.

KM : Untuk tahun ini, apa masih ada penggarapan album?

R : Tahun ini temanya Yuana Nusantara. Lagunya sedang dalam proses pembuatan. Nanti akan masuk dalam album Senandung Karya juga. Jadi, sebenarnya setiap acara Love and Share selalu ada single baru dari SSC. Nah, baru tahun kemarin launching album dengan nama Senandung Karya.

Perbincangan yang seru sekali dengan Mas Ronni, salah satu sosok yang memiliki kontribusi besar dalam penggarapan album Senandung Karya miliki Save Street Child Malang. Ada selalu banyak jalan untuk menuai kebaikan dan manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Salah satunya lewat passion seperti yang dilakukan Mas Ronni kepada adik-adik bangsa. Salut!

 

Lagu Senandung karya di https://soundcloud.com/kabarmlg/senandung-karya

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here