Kabarmlg.com – Kota Malang dengan potensi sebagai kota pendidikan turut memunculkan entrepreneur mudanya tiap tahun. Membangun bisnis dan berpenghasilan mandiri pun mulai menjadi kiblat gaya hidup mahasiswa masa kini. Hal itu menjadi perhatian utama bagi Ruang Perintis Co-working Space

Banyak anak muda yang mencoba menekuni bisnis sejak awal mengenyam bangku kuliah, ada pula yang ingin bertahan di Malang setelah lulus sambil memulai bisnisnya. Namun, seiring berkembangnya kondisi ekonomi kota semakin ketat pula peluang merintis usaha.

Sejarah mencatat banyak perusahaan besar yang berkantor di garasi, atau sebagainya di awal perintisan. Karena hal yang sangat mendasar dari sebuah usaha salah satunya  adalah kantor untuk tempat bertumbuh. Tak ayal, orang akan mempertanyakan keseriusan pelaku bisnis bila tak memiliki kantor.

Ruang Perintis Co-working Space yang mulai hadir sejak 2017, merupakan inkubator yang mendukung pertumbuhan start-up di industri kreatif. Di sini, para perintis bisnis bisa berjumpa dengan mereka yang sudah lebih lama berkecimpung di bidangnya. Selain bisa menjadi investasi relasi, tentunya bisa dijadikan mentor.

Dok. Ruang Perintis

“Kadang mereka (entrepreneur pemula) terkendala pada keuangan atau finansial sehingga ngga bisa punya kantor sendiri. Atau bahkan kerjanya masih ngga punya relasi. Nah, di sini kita menyiapkan konektifitas itu. Jadi, di sini kita saling terintegrasi antar bisnis. Ketika kita ada project kita bisa saling kolaborasi,” tutur Zakki Mubarok, pengelola dan bendahara Ruang Perintis.

Walau secara geografis terletak di tengah kota namun tempat ini bisa dibilang terjaga dari kebisingan, karena letaknya sendiri berada di pemukiman asri yang terhindar dari hiruk-pikuk kegiatan urban.

Sesekali juga diadakan event di Ruang Perintis. Guna menjembatani diskusi antara mereka yang gemar berkontribusi dan mendapat hal baru untuk dipelajari. Sharing seolah jadi detak jantung di tempat ini.

Tidak disyaratkan sudah memiliki bisnis untuk dapat mengakses tempat ini. Ruang Perintis terbuka bagi siapapun yang berinisiatif menambah ilmu, relasi, nugas, ataupun sekadar bercengkrama. Mengaksesnya pun tak perlu repot. Kalian bisa datang langsung ke mari atau membuat janji terlebih dahulu melalui contact person pengelola Ruang Perintis.

Ruang perintis menerapkan asas kekeluargaan. Bahkan kalian bisa menggunakan dapur umum untuk sekadar menyeduh teh atau kopi gratis. Fasilitas penunjang lain tersedia all area wifi, AC, meeting room, office room, musholla, toilet, & parking lot.

Ruang perintis menyiapkan paket membership yang cukup bersahabat dengan kantong pebisnis pemula. Dengan budget Rp. 500 ribu/bulan, kalian sudah bisa ngantor di tempat yang cozy dan menikmati semua fasilitas yang tersedia.

Ada pula alternatif lain bagi yang ingin menyelenggarakan kegiatan di hari tertentu. Sewa tempat untuk kegiatan mulai Rp. 50 ribu/hari, sedangkan sewa private room untuk meeting dikenai tarif Rp. 75 ribu/hari.

“Pak Brilly (sang owner) sudah mewakafkan bangunan ini untuk kontribusi kemajuan industri kreatif di Malang. Kami ngga terlalu mengharap profit dari para member, yang penting bisa turut andil dalam perkembangan industri digital dan kreatif,” ujar Zakki.

Jadi, bagaimana para perintis muda? Masih bingung mencari kantor setelah kenal dengan Ruang Perintis? Kalian bisa langsung datang ke lokasi.

Dok. Ruang Perintis

 

Jl. Candi Sawentar, Perum. Griya Shanta Blok E-209

Jam operasional: 09.00 – 17.00

Narahubung: 0895622422055

Website: ruangperintis.com

Instagram: ruangperintis

Reporter: Bayu Wardhana
Fotografer: Adam Wimaldy
Editor: Rizka Ayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here