Hai Pejuang !

Djadoelympic adalah salah satu project social dari TurunTangan Malang yang bertujuan untuk mengenalkan kembali permainan jaman dulu dan membawanya kembali di tengah-tengah generasi milenial. “ini menjadi satu-satunya wadah yang mampu membawa kita ke masa kecil, kita mampu belajar lebih banyak tentang manusia dalam satu jam permainan, dari pada satu tahun dengan perbincangan,” ujar Yunita Siswanti selaku Koordinator Umum TurunTangan Malang. Sebagai generasi 90 an tentu kita tidak asing lagi dengan permainan tradisional. Masa dimana kita belum mengenal gadget seperti pada era globalisasi ini, yang dicari hanyalah kebahagiaan walaupun dengan peralatan seadanya sampai tidak peduli panas, hujan bahkan lapar. Pasti dalam hati kecil kita ingin rasanya kembali pada saat-saat bahagia itu, ya kannn?

Lomba Tarik Tambang oleh siswa SMAN 1 Malang dalam Djadoelympic day 2 I Foto by Venny

Kegiatan ini diadakan setiap hari sabtu mulai tanggal 10 Februari 2018 – 10 Maret 2018 yang bertepatan di SMAN 8 Malang, SMAN 1 Malang dan SMAN 3 Malang. Setelah diadakan di SMAN 8 Malang pada tanggal 10 Februari 2018 lalu, tanggal 24 Februari 2018 kemarin merupakan pertemuan kedua dari acara Djadoelympic yang diadakan di SMAN 1 Malang. Dan untuk pertemuan ketiga akan diadakan pada tanggal 3 Maret 2018 di SMAN 3 Malang. Acara yang dimulai pukul 08.00 hingga 12.00 itu dihadiri oleh Komunitas Dulinan yang membantu jalannya acara dan bercerita mengenai sejarah setiap permainan itu sendiri. Berbicara mengenai masa kecil, tidak lengkap jika tidak membahas permainan tradisional, selain permainan yang dijadikan cabang permainan seperti Engrang Batok Kelapa, Balap Karung, dan Tarik Tambang, juga ada mini games seperti dakonan, lompat tali, dan engklek guna untuk mengisi waktu luang mereka yang tidak ikut bermain.

Lomba Engklek Batok oleh siswi SMAN 1 Malang dalam Djadoelympic day 2 I Foto by Venny 

Kegiatan yang bertagline Kembali ke Masa Kecil itu sudah dipersiapkan sejak November 2017. “Antusias siswa sangat tinggi karena kembali nostalgia masa kecil dan bersaing secara sehat,” ujar Agatha Keren selaku siswi SMAN 8 Malang.

Pada tanggal 10 Maret 2018 mendatang, akan diadakan kegiatan final yaitu perlombaan antar sekolah yang pastinya akan diikuti oleh ketiga SMA. Perwakilan setiap pemegang juara 1 dari masing masing perlombaan di SMAN 8 Malang, SMAN 1 Malang dan SMAN 3 Malang akan bertemu di final. Mereka akan memperebutkan juara umum atas nama sekolah.

Penulis: Veni Izatul Fitri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here