MALANG – Pada Jumat, 28 Juli 2017 mahasiswa Kelompok KKN 117 Universitas Muhammadiyah Malang melakukan penyuluhan dan pendampingan Pelatihan P3K untuk anak pramuka oleh Divisi Kesehatan dan Lingkungan. Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa-siswi kelas 5 dan 6 SD Negeri Ngajum 05 dalam rangka mempersiapkan lomba Pramuka Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan pada 13 – 15 Agustus 2017.

Pelatihan yang dilakukan diantaranya pembidaian yaitu mengajarkan kepada anak-anak untuk melakukan pembidaian untuk orang yang terkena patah tulang (kepala, bahu, tangan dan kaki) dengan peralatan sederhana yang mudah diperoleh di alam. Selain itu, siswa-siswi juga diajarkan melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan dan Cara Merawat Luka yang benar.

  Suasana kelas yang aktif saat pendampingan
Praktek langsung usai mendapat arahan untuk memudahkan siswa melakukan Pertolongan PertamaPada Kecelakaan saat di alam

Usai tim Divisi Kesehatan & Lingkungan memberikan penyuluhan, siswa-siswi turut diminta bergantian untuk mempraktekan langsung ke depan kelas. Siswa-siswi tampak semangat mengikuti pelatihan tersebut. Selain untuk persiapan mengikuti lomba, kegiatan ini dapat menjadi edukasi bagi anak di bidang kesehatan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here