MMI Ajak Kartini Masa Kini Bersihkan Koleksi Piringan Hitam. (Foto: Bayu Wardahana)

Kabarmlg.com – Di jaman yang serba digital ini sampai mendengarkan musik pun bisa dilakukan secara streaming. Tidak memerlukan piringan hitam (PH) untuk mendengarkan lagu-lagu kesayangannya. Ratusan hingga ribuan daftar lagu bisa disimpan dalam format yang rapi dan ringkas dalam gadget. Bahkan kaum milenial tidak mengenal dan mungkin tidak terlintas untuk mengoleksi tumpukan PH.

PH sendiri terakhir diproduksi di Indonesia pada tahun 1985 dengan penyanyi asal Bandung, Meriam Belina dengan judul album Kerinduan. Padahal, semakin jauh waktu produksinya akan menjadikan PH sebuah asset yang berharga. Pada hari senin kemarin (22/04/2019), Museum Musik Indonesia (MMI) mengajak para wanita untuk membersihkan kepingan PH dengan tema ‘Save Indonesia Music Heritage'. Bertepatan juga dengan Hari Kartini MMI ingin mengajak masyarakat untuk mengenal keping PH dan juga tidak hanya sekedar menyimpan suara-suara fana tapi juga kekayaan intelektual bangsa.

Hengky Herwanto, selaku Ketua MMI, mengungkapkan,”Kita ingin berpartisispasi menjaga warisan budaya Indonesia Musik Heritage yang bentuknya PH. Yang merupakan karya para seniman musik perempuan Indonesia. Ada 200 seniman musik Indonesia yang karyanya tersimpan di MMI. Kita ingin selalu merawat, menjaga supaya tidak rusak serta suaranya tetap jernih saat didengarkan”.

PH menjadi bukti nyata media penyimpan rekam jejak keindahan olah vocal, keterampilan memainkan instrument, harmonisasi aransemen, hingga kreatifitas penulisan lagu serta penjiwaan tiap rangkai katanya. Proses pembuatan PH tidak melulu soal audio, tapi juga melibatkan seni visual seperti fotografi dan desain grafis covernya.

MMI sendiri memiliki kurang lebih dari 2.650 keping PH, sekitar 600 keping PH dari mancanegara. 200 nama penyanyi/group musik perempuan yang PH-nya tersimpan di MMI. Beberapa penyanyi dengan jumlah PH terbanyak antara lain Tetty Kadi, Ernie Djohan, Elvy Sukaesih, Hetty Koes Endang, Waljdinah, Titiek Sandhora, Ervinna, Arie Koesmiran dan Andi Meriem Matalatta. Untuk penyanyi pria ada Mus Mulyadi, Broery Pesulima dan Bob Tutupoly.

MMI Ajak Kartini Masa Kini Bersihkan Koleksi Piringan Hitam. (Foto: Bayu Wardahana)

Pada moment Hari Kartini, MMI mengajak Kartini masa kini untuk turut serta mencuci dan membersihkan karya-karya dalam bentuk PH. Beberapa PH dari penyanyi terkenal yang kemarin dibersihkan diantaranya adalah Diana Nasution, Elly Kasim, Elvy Sukaesih, Ully Sigar Rusady, Waldjinah, Dara Puspita, Ervinna, Arie Koesmiran, Titiek Puspa, Tari Pendet, Ingrid Fernandez dan Pattie Bersaudara.

Reporter & Fotografer: Bayu Wardhana
Editor: Admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here