Malang – Beragam cara dilakukan anak muda di Kota Malang demi meningkatkan kualitas masyarakatnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kegiatan yang diselenggarakan baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, budaya, maupun yang lainnya. Kepedulian sosial pemuda di Kota Malang memang pantas diacungi jempol, termasuk anak-anak muda yang tergabung dalam Ruang Belajar Aqil (RBA). Baru-baru ini, RBA mewujudkannya dalam acara Bazar Ria Keluarga yang diselenggarkan di Jl. Cempaka No 1, Kec. Lowokwaru.
Berbagai rangkaian kegiatan dalam Bazar Ria Keluarga berhasil membuat masyarakat antusias pada Selasa (28/3). Keseruan dimulai pada pagi hari dengan adanya permainan-permainan tradisional yang tersedia untuk anak-anak, seperti permainan lompat tali, enggrang, bola, dll.

Antusias anak-anak dalam festival permainan tradisional

Orang dewasa pun turut memeriahkan acara melalui kegiatan donor darah dan juga garage sale. Garage sale merupakan kegiatan penjualan barang-barang dari hasil sumbangan. Menariknya, hasil penjualan ini rencananya akan dialokasikan untuk pembelian 1000 buah buku yang nantinya akan disebar di beberapa Taman Baca Masyarakat (TBM) di Kota Malang.

Para ibu sedang mengunjungi garage sale.

Acara semakin meriah saat sore hari pada kegiatan Street Performance dimana beberapa komunitas anak muda menampilkan masing-masing keahliannya. Mulai dari tari Saman, permainan skateboard, hingga pertunjukan freestyle futsal, sulap, dan beatbox.

Melalui acara ini, RBA berupaya menjadi wadah pembelajaran bagi masyarakat. “Acara ini bertujuan meningkatkan literasi masyarakat melalui kegiatan-kegiatan, juga membangun kepedulian sosial.” jelas Bian selaku penanggung jawab Street Performance.

Bazar Ria Keluarga benar-benar disambut baik oleh masyarakat karena membawa banyak manfaat. “Acara ini sangat bagus ya, khususnya bagi anak-anak pra remaja. Motivasi anak bisa terbangun melalui acara-acara seperti ini. Orang tua pun bisa mengurangi rasa khawatir mereka terhadap anak. Harapannya, semoga kegiatan seperti ini bisa lebih intens dilaksanakan.” ungkap ibu Santi, salah satu pengunjung. (Dennox).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here