Kabarmlg.com – Roadshow Malang Film Festival  (MAFI Fest) 2018 adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh panitia Malang Film Festival 2018 yang memiliki tujuan mengenalkan MAFI Fest ke khalayak umum dan juga mengajak filmmaker ikut andil dalam kompetisi ini khususnya pelajar dan Mahasiswa. Selain untuk mengenalkan ke khalayak umum Roadshow ini juga memiliki tujuan lain seperti yang dikatakan Sestria Herdianti atau yang akrab dipanggil Sessy selaku Programmer Non Kompetisi MAFI Fest 2018, dia berkata bahwa program ini dibuat bertujuan untuk menghibur penonton dan sekaligus untuk memberikan edukasi kepada mereka. Tahun ini roadwhow diselenggarakan hanya sekali, berbeda dengan tahun lalu yang diadakan di berbagai tempat di kota Malang. Dilaksanakan tanggal 10 Januari 2018 bertempat di Old Cinema Museum Malang, Rumah makan Ringin Asri. Roadshow MAFI Fest 2018 kali ini mampu menarik perhatian filmmaker yang ada di malang maupun di luar Malang seperti Gresik dan Pasuruan, bahkan komunitas lain pun tertarik dengan program ini.

Hujan deras tidak menyurutkan semangat teman-teman untuk datang ke Roadshow Malang Film Festival 2018. Terbukti dari data pengunjung yang datang, tercatat 83 orang datang ke acara ini. Dengan rincian 64 orang dari 21 komunitas dan 19 orang non komunitas yang membuat kursi penonton seketika penuh. Komunitas yang datang tidak hanya komunitas film saja melainkan ada juga komunitas lain diluar komunitas film, seperti contohnya beberapa media dan juga beberapa UKM yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Jumlah ini sungguh diluar ekspetasi panitia MAFI Fest 2018 sendiri, karena meskipun hujan deras antusias peserta yang datang sangat besar, khususnya pelajar dilihat dari banyaknya pelajar SMA dan SMK yang datang membuktikan bahwa meraka sangat tertarik dengan MAFI Fest 2018. “Keren-keren filmnya, jadi lebih termotivasi untuk memproduksi film seperti itu. Dan juga setelah roadshow saya jadi tahu banyak tentang MAFI Fest.” ujar Riki, pelajar dari SMKN 3 Batu.

Acara Roadshow dimulai dengan sambutan dari Hafidz Alamudi selaku Ketua Umum Kine Klub UMM. Selanjutnya sambutan diberikan oleh Nashiru Setiawan selaku Pengelola dari Old Cinema Museum Malang. Dan yang terakhir sebagai penutup sebelum ke acara utama yaitu sambutan dari Dierktur MAFI Fest 2018 yaitu Fikri Hidayat.

Setelah sambutan dari beberapa orang yang memprakarsai program Roadshow ini, acara dilanjutkan dengan penjelasan program-program MAFI Fest melalui presentasi yang dibawakan oleh Sessy selaku programmer Non Kompetisi. Pada sesi ini dijelaskan secara detail tentang Mafi Fest 2018 dan juga program-program yang akan dilaksanakan selama beberapa bulan kedepan. Roadshow kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film-film yang menyangkut isu isu yang terjadi di Indonesia, diantaranya “Urut Sewu Bercerita”, “Wandu”, “Simalakama” dan “Home Again”. Dan pada penutup acara dibukalah sesi tanya jawab seputar MAFI Fest 2018, banyak sekali peserta yang antusias bertanya pada sesi ini, menunjukkan bahwa peserta sangat tertarik akan MAFI Fest 2018.

“Kurang lebih untuk Roadshow ini sih pengen ajak temen-temen semua tahu kalau di Malang itu ada MAFI Fest, dan juga aku harap peserta jadi mendapatkan ilmu dari film yang aku suguhkan karena film-film yang aku suguhkan itu termasuk film-film yang tematik yang tidak banyak diputar sama orang kebanyakan.” ujar Sessy selaku programmer Non Kompetisi MAFI Fest 2018.

.

Artikel dari Public Relations MAFI Fest 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here