Aksi Cepat Tanggap (ACT) merupakan lembaga profesional yang bergerak di bidang kemanusiaan, seperti isu kebencanaan. Berawal dari tsunami di Aceh pada akhir tahun 2004, ACT berdiri setahun kemudian pada tahun 2005 dan mendirikan cabang di Malang pada tahun 2017.

Foto: ACT Malang

“Aksi Cepat Tanggap atau ACT ini sudah berdiri tahun 2005. Itu untuk ACT nasional. Sedangkan yang di Malang, ACT baru berdiri pada akhir tahun 2017 atau masih berusia dua tahun,” jelas Faruq Naufal Abdullah, selaku Marcomm (Marketing and Communication).

Sama seperti organisasi pada umumnya, ACT juga memiliki berbagai divisi yang menjalankan tugasnya masing-masing. Faruq menjelaskan, divisi-divisi tersebut antara lain, Marcomm (Marketing and Communication), Partnership, CRO (Customer Relations Officer, Staff Program, Strategic Support Admin, General Affair dan Relawan.

Foto: ACT Malang

“Jadi pertama ada kepala cabang yang mengetuai divisi-divisi di bawahnya. Lalu, untuk divisinya ada Marcomm yang tugasnya seperti meng-handle sosial media. Ada juga divisi Partnership yang tugasnya menjalin hubungan dengan mitra ACT Malang. Selanjutnya ada CRO atau Customer Relations Officer yang bertugas untuk menjelaskan ketika ada orang yang menginginkan info mengenai kemanusiaan atau seputar donasi. Divisi berikutnya ada Staff Program yang tugasnya menjalankan implementasi program. Selanjutnya ada Strategic Support Admin yang memiliki tugas untuk berhubungan dengan ACT Pusat. Terakhir ada relawan yang dibawahi oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI),” tuturnya.

Faruq menambahkan, bagi masyarakat umum yang ingin mendaftarkan sebagai relawan, ada beberapa proses yang perlu dilewati. Pertama, adalah mendaftar di website khusus relawan, yakni relawan.id. Setelah itu, bisa mengisi formulir melalui situs daring yang tercantum di bio akun instagram ACT Malang atau mendatangi kantor di Ruko Ciliwung no. 10A Malang.

act malang organisasi kemanusiaan
Foto: ACT Malang

“Untuk yang ingin mendaftar relawan, pertama harus terdaftar dulu sebagai relawan di website relawan.id. Setelah itu, bisa mengisi formulir secara online maupun datang langsung ke kantor,” pungkasnya.

Baca Juga: YOT Malang – Wujud Nyata Kontribusi Pemuda dalam Masyarakat

Berbagai Macam Kegiatan Kemanusiaan 

Kegiatan yang dilakukan oleh ACT Malang, sangat beragam dan sangat berguna, terutama di bidang kemanusiaan. Program pertama yang dimiliki oleh ACT Malang adalah Humanity Days. Diisi oleh kelas inspirasi kerelawanan dan mitigasi bencana dan dilaksanakan secara roadshow di SD, SMP maupun SMA.

act malang organisasi kemanusiaan
Foto: ACT Malang

Kegiatan selanjutnya, adalah penanganan pasca bencana, seperti melakukan aksi solidaritas kepedulian untuk gempa di berbagai daerah di Indonesia. Serta memberikan traumahealing dan bantuan untuk penyintas bencana. Contohnya seperti yang dilakukan untuk korban bencana puting beliung di Batu beberapa hari silam. Baru-baru ini juga, juga ada program bernama water tank yang menyuplai air bersih di daerah kekeringan yang ada di Malang Selatan.

“Kami juga ada program bernama water tank, yang menyediakan air bersih bagi penyintas kekeringan yang ada di daerah Malang Selatan. Program ini baru berjalan dua bulan. Totalnya kami sudah menyalurkan sekitar 500.000 liter air ke beberapa kecamatan di Malang Selatan,” ungkap Faruq.

Baca Juga: AIESEC Brawijaya, Organisasi Para Pemimpin Masa Depan

act malang organisasi kemanusiaan
Foto: ACT Malang

Ke depannya, Faruq berharap agar ACT bisa menjadi jembatan antara orang-orang yang membutuhkan dan orang yang ingin memberikan kepedulian mereka. Ia juga berharap dengan adanya ACT, dapat meringankan problematika kemanusiaan yang terjadi di masyarakat.

“Harapannya sih, kami bisa menjadi jembatan bagi orang yang membutuhkan dan orang yang ingin memberikan kepedulian mereka. Selain itu, dengan adanya Aksi Cepat Tanggap Malang, kami berharap bisa mengurangi masalah kemanusiaan yang ada di masyarakat,” harapnya.

Editor: Icha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here