Museum Mpu Purwa merupakan museum yang terletak di Jl. Soekarno Hatta no. 210, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Museum ini menyimpan berbagai peninggalan dari kerajaan-kerajaan di Malang pada masa lalu, terutama kerajaan Singosari dan Tumapel. Nama Mpu Purwa sendiri diambil dari nama seorang brahmana pada masa kerajaan Tumapel. Mpu Purwa memiliki seorang anak bernama Ken Dedes yang terkenal sebagai istri dari Ken Arok.

Foto: Sella Lenora

Pada awalnya, seluruh koleksi di Museum Mpu Purwa ini disimpan secara nomaden di berbagai tempat. Keterbatasan tempat membuat koleksi sejarah ini berpindah mulai dari Balai Kota, Taman Rekreasi Senaputra, Perpustakaan Umum hingga Balai Penyelamatan Benda Purbakala Mpu Purwa. Pada tahun 2017, Balai Penyelamatan Benda Purbakala Mpu Purwa telah diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada saat itu, Muhadjir Effendi. Museum Mpu Purwa kini berdiri di atas lahan berukuran 1200 x 1800 meter persegi, bekas dari lahan SDN Mojolangu 2.

Foto: Samsul Arifin

Koleksi Benda Bersejarah di Museum Mpu Purwa

Hingga saat ini, Museum Mpu Purwa memiliki sekitar 132 koleksi benda sejarah yang tersimpan di dalamnya. Namun, koleksi yang ditampilkan ke khalayak umum hanya sekitar 58 buah. Berbagai kondisi dari benda tersebut membuat pihak museum memilih untuk menyimpan dan tidak memamerkannya ke masyarakat luas. Salah satu koleksi yang menjadi primadona di tempat ini adalah arca Brahma Catur Muka. Selain itu, museum ini juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir, yakni berupa QR code di tiap display koleksinya. QR code ini nanti akan langsung terkoneksi ke tautan informasi mengenai koleksi sejarah yang dipamerkan.

Baca Juga: Berwisata Literasi di Perpustakaan Umum Kota Malang

Foto: Autin Epriastin

Jika kalian ingin berkunjung ke tempat ini tanpa tahu-menahu mengenai sejarah kerajaan-kerajaan di Malang, akan ada pemandu wisata yang siap menjelaskan ke kalian. “Tour guide-nya ramah dan pintar. Selain itu, museumnya juga sudah modern, jadi informasi tentang koleksinya bisa langsung diakses lewat gadget,” ujar Bilal, salah satu pengunjung. Untuk mengunjungi tempat ini, kalian bisa mulai bersiap pukul 08,00. Museum Mpu Purwa adalah tempat yang cocok bagi kalian yang ingin mengetahui seluk beluk peninggalan bersejarah di Malang.

museum mpu purwa
Foto: Aditya Nusantara

Baca Juga: Menyusuri Spot-spot Menarik di Kawasan Ijen-Simpang Balapan

Editor: Icha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here