Malang – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 108 Universitas Muhammadiyah Malang membuat kelompok usaha bersama (KUBE) budidaya ikan lele untuk masyarakat Desa Plandi, Kec. Wonosari, Kab. Malang. Program tersebut merupakan program unggulan dari divisi ekonomi kelompok KKN 108. Peresmian program ini telah dilakukan di Balai Desa Plandi, Senin lalu (14/8).

Kelompok usaha bersama ini dinamakan “Bule Dendi (Budidaya Lele Desa Plandi)” dan modal pertama yang diberikan oleh kelompok KKN 108 adalah 3000 ekor  bibit lele. Estimasi waktu panen ikan lele tersebut adalah 3-4 bulan.

Dok KKN 108 UMM

Budidaya ikan lele ini menggunakan sistem Natural Water System (NWS). Sistem ini merupakan sistem pemeliharaan ikan dengan cara menumbuhkan mikroorganisme yang berfungsi mengolah limbah menjadi gumapalan-gumpalan kecil (flok) seperti lumut yang bermanfaat sebagai makanan alami ikan. Dengan menggunakan media kolam terpal berbentuk bulat ini memaksimalkan gerak ikan dan juga dapat mengaduk kotoran sehingga berbah menjadi flok.

Program ini melibatkan satu kelompok beranggotakan 10 orang untuk mengelola budidaya ikan lele tersebut yang dikoordinatori oleh bapak Muhammad Ali Imron. Beliau sangat mengapresiasi ide tersebut sebagai wadah dari teman-teman KKN kelompok 108 untuk masyarakat Desa Plandi.

“Ini adalah pertama kalinya Desa Plandi mengadakan kelompok usaha bersama budidaya ikan lele dengan sistem NWS. Harapannya semoga dengan adanya kelompok usaha bersama ini bisa menjadi pionir untuk kelompok usaha bersama budidaya ikan lele selanjutnya di Desa Plandi.” Kata beliau.

Dok KKN 108

Kepala Desa Plandi, Ngadiman mengatakan, program ini diharapkan dapat diterapkan dengan sebaik-baiknya. “Jika hasilnya baik, InshaAllah warga yang lainnya juga akan mengikuti seperti ini.” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here