Kabarmlg.com – Perkembangan industri kreatif dan digitalisasi produk dalam pemasaran, menjadi hal yang membuka banyak peluang bagi para pelaku industri kreatif. Untuk itu, Malang City Expo beri segmen bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan pelaku industri kreatif di Kota Malang untuk unjuk diri dalam ajang tahunan yang Pemerintah Kota adakan. 

Malang City Expo 2019 diadakan dari bentuk kerjasama dinas koperasi yang terafiliasi dengan Pemkot. Selain bertujuan untuk memajukan industri kreatif khususnya UMKM. Malang City Expo juga diselenggarakan untuk mempromosikan daya tarik wisata serta investasi di Kota Malang.

Pengunjung memenuhi gateway. Foto: Adam

Acara ini digelar pada 17-20 Juli di kawasan luar Stadion Gajayana. Beragam hal tersaji dalam acara tersebut, seperti halnya pameran nasional, gelar seni dan budaya, festival kuliner, serta hiburan musik. Tak lupa juga beragam kompetisi, seperti halnya kontes meracik kopi hingga memasak tersaji dalam acara yang diselenggarakan selama 4 hari berturut-turut itu.

Malang City Expo 2019 meniktikberatkan fokus kepada pameran nasional, guna menjadi wadah bagi pelaku industri kreatif dalam memasarkan produknya. Produk seperti kerajinan kayu, sepatu, aksesoris seperti tas dan dompet. Tak terkecuali produk alat rumah tangga sampai fashion item seperti batik, busana muslim dan daster merupakan contoh dari sekian banyak produk yang tersaji dalam pameran tersebut.

Foto: Adam

Tidak hanya mempromosikan UMKM maupun pelaku industri kreatif di Kota Malang saja, namun industri lokal dari berbagai daerah di Indonesia juga turut hadir mewarnai acara tersebut. Selain itu, terdapat juga stan dari berbagai dinas dari Kota Malang maupun berbagai daerah di Indonesia yang turut hadir. Seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang, Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kediri, dan masih banyak lagi.

Dalam Malang City Expo 2019 kali ini, turut menggandeng beberapa kementerian terkait. Seperti halnya Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Perdagangan, dan juga Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Seperti yang dijelaskan oleh Arlinda Kristyaningrum, Admin EO Malang City Expo 2019. “Mereka (dinas dan kementerian terkait) membawa UMKM binaan untuk mengisi stan dan menjual berbagai produk khas dari daerah masing-masing dalam event ini.”

Foto: Adam

Sementara itu, Karsih, pemilik UMKM dari keripik tempe di Sanan, berharap agar ke depannya Malang City Expo dapat hadir lagi sebagai sarana untuk mempromosikan produk kepada masyarakat.

Senada dengan hal tersebut, Naning selaku Kasi Pemasaran dan Pengolahan Hasil Hortikultura dari Dinas Tanaman Pangan Hortikulturan dan Perkebunan Kabupaten Malang. Ia berharap agar kedepannya Malang City Expo dapat menyosialisasikan kegiatan lebih luas lagi, baik bagi para pelaku UMKM maupun masyarakat pada khususnya. Karena menurutnya acara ini dapat menjadi sarana sekaligus wadah bagi berkembangnya industri kreatif di Kota Malang.

Reporter: Denny
Fotografer: Adam
Editor: Rizka Ayu Kartini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here