Kabarmlg.com – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang disukai hampir setiap orang dari berbagai kalangan maupun golongan. Bagaimana tidak? Kucing memang hewan yang sangat menggemaskan. Berbagai tingkah lucu yang biasa dilakukan kucing selalu bisa menghibur setiap orang yang melihatnya. Banyak sekali para pecinta kucing, tak terkecuali di Malang.

Sebuah komunitas bernama Malang Cat Lovers (MCL) resmi didirikan pada 16 Juli 2011. Awal mula terbentuknya komunitas ini yaitu pertemuan enam orang pecinta kucing pada 9 Juli 2011 di Hutan Malabar. Mereka adalah Bang Toyib, Mak Kulex, Syahrizal, Ega, Topan, dan Aris yang mempelopori berdirinya MCL dengan tujuan memberikan wadah bagi para pecinta kucing untuk mempererat silaturahmi dan bertukar informasi mengenai segala hal tentang kucing, khususnya di Malang Raya.

Para anggota Malang Cat Lovers saat gathering

Secara rutin dua Minggu sekali, komunitas yang diketuai oleh A. Farizal ini mengadakan gathering di alun-alun Kota Malang atau di CFD Ijen. Gathering biasa diisi dengan kegiatan show off kucing dari anggota yang hadir, games, dan foto. Setiap setidaknya 1-2 bulan sekali, MCL juga mendatangkan dokter hewan untuk penyuluhan, misalnya tentang perawatan penyakit tertentu.

MCL juga memiliki acara rutin tahunan yaitu Cat Show yang telah dilaksanakan sejak 2011. . Cat Show merupakan sebuah perlombaan kucing dengan beberapa kategori bergantung pada jenis kucingnya. Penilaiannya pun beragam termasuk kesehatan,  pola warna,  keindahan bulu,  texture bulu,  keaktifan, dan masih banyak lagi paenilaian lainnya yang ditentukan oleh juri. Kegiatan lain MCL yaitu street feeding, aksi turun ke jalan atau pasar-pasar untuk berbagi makanan dengan kucing tak bertuan (stray cat).

“Komunitas ini sangat membantu pecinta kucing, khususnya di area Malang.  Banyak ilmu tentang kucing yang saya dapat di sini. Saya berharap, edukasi yang diberikan MCL ini bisa merambah ke masyarakat luas, tidak hanya di kalangan pecinta kucing saja” cerita Habib, salah satu anggota MCL sejak 3 tahun yang lalu.

Apakah Kangyu salah satu pecinta kucing? MCL bisa menjadi tempat untuk Kangyu mencari banyak pengetahuan maupun pengalaman bersama para pecinta kucing lainnya di Malang. Bahkan tidak harus memiliki kucing, cukup dengan follow akun Instagram @malang_catlovers, join grup Malang Catlovers serta datang pada kegiatan rutinnya.

Foto: dok. Malang Cat Lovers (MCL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here