Kabarmlg.com – Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, tentu menjadi salah satu bahasa yang wajib dipelajari dan dikuasai oleh siapapun. Terlebih lagi dalam era globalisasi seperti sekarang. Pengajaran bahasa asing yang dimulai sejak usia dini terbukti dapat meningkatkan kemampuan bahasa sang anak.

Hal tersebut yang kemudian menjadi perhatian khusus bagi mahasiswa dari Universitas Negeri Malang (UM) yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk membuat LALA & LILO, yaitu buku cerita berbahasa inggris untuk anak usia pra sekolah yang diintegrasikan dengan aplikasi audio berbasis android.

Foto: dok. pribadi

Inovasi pembuatan yang didanai dan dimonitoring langsung oleh Kementrian Ristekdikti, tersebut melibatkan 5 mahasiswa lintas jurusan, yaitu Alif Hanifatur Rosyidah, Hafizah Islami Rahmadina, Indra Nurdien Hakim, Nilna Almunaa Brilliarahma Hermanto, Rifki Fajar Fitrianto, serta dibimbing oleh dosen Hasti Rahmaningtyas.

Dengan dilatarbelakangi oleh penguasaan bahasa inggris anak-anak di Indonesia yang masih kurang dan belum cukup lancar. Inovasi tersebut diluncurkan untuk memberikan contoh pronouncation yang benar dengan menggunakan pendekatan whole language approach. Diungkapkan oleh Alif, selaku ketua tim, bahwa inovasi tersebut untuk mengefektifkan waktu dan tenaga dengan mengajar kalimat secara utuh tidak melalui metode bottom up seperti pada umumnya.

Bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang. Foto: dok. pribadi

“Metode pendekatan whole language approach adalah dimana bahasa inggris tidak boleh terpecah-pecah melainkan diberikan secara utuh kepada anak-anak agar bisa mendapatkan pendekatan, pengkondisian, dan stimulasi bahasa inggris supaya terbiasa dengan bahasa inggris yang utuh daripada yang terpecah-pecah,” ia menjelaskan.

Buku Cerita LALA&LILO sendiri disegmentasikan kepada anak-anak usia pra sekolah. Karena ditemukan fakta bahwa pada usia tersebut anak-anak mengalami golden age atau critical period sehingga dapat lebih mudah menerima pembelajaran. Untuk ke depannya Buku Cerita LALA&LILO akan dibuat seri-seri yang lebih menarik. Mengusung 3 tema besar sesuai kurikulum anak TK yaitu nusantara, lingkungan, dan negara.

Foto: dok. pribadi

“Harapan kami supaya produk ini bisa dirasakan manfaatnya di seluruh indonesia. Terlebih produk kami ini sebenernya produk komersil sehingga harapan kami adalah pasar kami semakin membentang ke seluruh indonesia juga,” terang Alif. Produk dan overview LALA&LILO bisa dilihat di website lalalilopublishing.wixsite.com/childbook serta IG: @lalalilo_project.

Reporter: Denny
Editor: Rizka Ayu

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here