Kabarmlg.com – Sebentar lagi kita akan menyambut hari Kartini tanggal 21 April. R.A. Kartini identik dengan sosok wanita tangguh dan mandiri yang digambarkan lengkap dengan batik kebaya anggunnya. Selain mempertahankan emansipasi wanita, kita juga perlu mempertahankan batik sebagai karakter budaya Indonesia. Tapi denger-denger, hari gini mbakyu masih malu pakai batik?! Siapa bilang batik itu ketinggalan zaman? Apalagi kalau batik cuma dipakai kondangan? Eits.. Jangan salah. Batik sekarang sudah bisa dipakai kapanpun dimana pun, lho! Berikut tiga alasan yang bikin mbakyu harus bangga pakai batik kemana-mana:

  1. Membatik adalah pekerjaan ekslusif perempuan sejak dulu.

Batik dulunya hanya dibuat oleh kalangan perempuan. Keterampilan membatik (batik tulis) merupakan sesuatu yang unik dan langka sehingga menjadi sebuah mata pencaharian yang mewah bagi perempuan. Selain itu, awalnya batik hanya terbatas dalam keraton saja yang hasilnya hanya dipakai untuk para raja dan keluarga pemerintah.

Source : Pinteret

  1. Batik sebagai ciri khas Indonesia

Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia yang sampai saat ini masih ada. Setiap daerah punya ciri khas motif batiknya. Terkadang motif batik bisa dikenali berasal dari kalangan keluarga mana, juga menunjukkan status seseorang. Batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto ketika beliau mengenakan batik pada Konferensi PBB.

 

  1. Batik memiliki berbagai motif unik

Semakin kesini, batik mulai berkembang sesuai era modern. Batik kini bisa di combine dengan jeans hingga kulot. Mbakyu juga bisa menggunakan batik kemana saja seperti kantor, kampus, tempat les bahkan ke mall! Design batik pun kini beragam, tidak hanya kebaya sederhana, tapi bisa dijadikan gown pesta juga. Gak kalah, deh, sama motif tribal dan bohemian!

Source : Batik Amarilis

Source :Tribun News

Itu tadi sekilas tentang batik dan refrensi buat batik kamu. Jadi, masih malu pakai batik kemana-mana? Kamu bisa pakai batik mulai dari hari Kartini ini sebagai bentuk kebanggaan wanita Indonesia! Yuk, perempuan-perempuan Indonesia jadi cantik pakai batik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here