Kemendagri Anugerahi Kota Malang Sebagai Salah Satu Kota Terinovatif

Kota Malang terpilih menjadi salah satu dari sembilan kota yang meraih penghargaan kota terinovatif versi Kemendagri.

1
122

Dalam acara Innovative Goverment Award 2019 yang diadakan oleh Kemendagri pada tanggal 7 Oktober 2019 lalu, Kota Malang berhasil terpilih menjadi salah satu kota terinovatif bersama delapan kota lainnya. Acara penghargaan yang diadakan di Hotel Borobudur, Jakarta ini, dihadiri langsung oleh Walikota Malang, Sutiaji.

Innovative Goverment Award merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan daerah untuk terus melakukan pembangunan yang inovatif. Kategori inovasi dalam penghargaan tersebut ada tiga, yakni inovasi layanan publik, inovasi pemerintah dan inovasi lainnya.

Walikota Malang mendapat penghargaan dari Kemendagri
Foto: Humas Pemkot Malang

Penghargaan dari Kemendagri untuk Kota Malang

Tjahjo Kumolo, selaku Menteri Dalam Negeri, dilansir dari humas.malangkota.go.id, mengatakan bahwa salah satu aspek dari inovasi yang dinilai adalah pemangkasan birokrasi yang panjang sebagai sarana efisiensi, agar layanan publik dapat berjalan secara maksimal.

Selain itu, Tjahjo juga mengungkapkan agar inovasi tersebut dilakukan oleh semua pihak agar hasilnya maksimal dan sesuai dengan kearifan lokal daerah masing-masing.

Walikota Malang mendapat penghargaan dari Kemendagri
Foto: Humas Pemkot Malang

“Untuk daerah yang tertinggal, nanti kami akan bantu untuk fasilitasi dan terus kami dorong agar terus melakukan Inovasi,” ujar Tjahjo.

Sebagai kota yang meraih salah satu penghargaan tersebut, Kota Malang memiliki visi inovasi untuk mempermudah layanan publik. Tidak hanya itu, Kota Malang juga menyasar ke sektor perekonomian.
“Adanya pemangkasan birokrasi dapat membuka peluang bagi investor untuk berinvestasi di Kota Malang,” jelas Sutiaji, dilansir dari humas.malangkota.go.id.

Walikota Malang mendapat penghargaan dari Kemendagri
Foto: Humas Pemkot Malang

Dengan adanya penghargaan ini, Sutiaji berharap agar Pemerintah Kota Malang terus terpicu untuk melahirkan inovasi baru tiap tahunnya. Hal tersebut bertujuan agar perwujudan dari smart city dan smart government bisa berjalan dengan maksimal dan hasilnya langsung bisa dirasakan oleh masyarakat sendiri. 

Selain Kota Terinovasi versi Kemendagri, Kota Malang juga meraih beberapa penghargaan di Bulan Oktober ini. Salah satunya adalah Penghargaan Apresiasi di Bidang Pengembangan Pertanian Urban Modern di acara Indonesian Awards 2019 yang diadakan oleh iNews pada 3 Oktober yang lalu. Penghargaan yang didapatkan berturut-turut ini diharapkan menjadi motivasi untuk kemajuan kota Malang kedepannya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here