Kabarmlg.com – Siapa nih yang jarang cabut charger laptop atau handphone, padahal udah gak dipake? Kangyu yang masih sering melakukan hal tersebut, mulai sekarang wajib menghindarinya. Kenapa? Apalagi kalau bukan untuk menjaga lingkungan hidup. Kampanye yang sejak lama dijalankan oleh Earth Hour Malang.

Kangyu pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan Earth Hour? Ya, Earth Hour adalah sebuah komunitas yang mengkampanyekan gerakan Switch Off. Switch Off adalah gerakan inisiasi publik yang bertujuan untuk menanamkan komitmen hidup hemat energi dengan cara mematikan lampu dan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam setiap 1 tahun sekali. Kampanye ini muncul pada tahun 2007 di Sydney dan saat ini telah tersebar di berbagai kota yang terdapat di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Earth Hour 2017 sendiri telah dilaksanakan pada hari Sabtu (25/3) pukul 20:30 – 21:30 dalam zona waktu wilayah masing- masing.

Komunitas EH tersebar di beberapa kota seperti Solo, Yoyakarta, Surabaya, Semarang, Kediri, Malang, dan lain-lain. Di Malang, komunitas yang diketuai oleh mahasiswa Universitas Brawijaya, Frido Wahyu Alifantio, sudah ada sejak tahun 2012. Bagaimana dengan pelaksanaan Switch Off 2017 di Malang? Banyak pihak yang ikut berpartisipasi dalam aksi ini, mulai dari lembaga pemerintahan, kampus, hotel, mall, dan masih banyak lagi yang lainnya

Beberapa kegiatan EHM di Malang (Photo : Earth Hour Malang)

Selain Switch Off, masih banyak lagi kegiatan yang dijalankan oleh EHM yang bertujuan untuk mengajak masyarakat turut serta menjaga lingkungan hidup. Kegiatan tersebut antara lain School Campaign, Sambang Baby Tree (Santri), Kumpul Bareng Belajar (Kumbang), City Park Campaign, Aksi Hari Lingkungan, dan lain-lain. Melalui program-program tersebut, EHM berharap bisa mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk menjadi bagian dari perubahan dunia yang berkelanjutan di bidang lingkungan hidup.

Nah, setelah tahu tentang EHM, kita wajib untuk mendukung program-progamnya karena terkait dengan kelangsungan hidup di masa mendatang. Menjaga lingkungan memang tidak bisa hanya dilakukan oleh beberapa orang saja, melainkan harus melibatkan kerjasama seluruh masyarakat. Jika tidak, bukan tidak mungkin kondisi bumi akan semakin memburuk jika perilaku kita tidak mengalami perubahan. Maka dari itu, yuk sama-sama menjaga bumi kita tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here