Kabarmlg.com – Menjadi mahasiswa tidak selalu hanya tentang berapa IPK yang bisa diraih atau berapa semester yang akan ditempuh, Tetapi menjadi mahasiswa juga tentang mengasah pola pikir dan pengembangan diri dengan berpartisipasi di kegiatan non akademik. Salah satunya berpartisipasi di kegiatan organisasi.

Nah, Salah satu organisasi yang terdapat di Malang adalah Indonesian Future Leader (IFL). Organisasi ini cocok buat kamu yang ingin mengembangkan diri dan memberikan kontribusi positif buat lingkungan dan masyarakat sekitar.

Indonesian Future Leader secara resmi ada di Malang sejak 21 September 2014. Organisasi non profit yang bergerak dibidang sosial, pendidikan, juga kebudayaan ini diinisiasi oleh Rizka Zuhriani beserta tujuh orang rekannya. Selama 3 tahun berdiri, sudah ada 216 mahasiswa/i yang bergabung dengan jumlah 72 orang di setiap periode atau setiap tahunnya.

Melalui berbagai jenis kegiatan, IFL Malang berupaya untuk membangun kota Malang dengan cara memberdayakan para pemudanya agar bisa membawa perubahan positif yang tidak hanya bagi dirinya sendiri, melainkan juga orang lain di sekitar. Apa aja nih kegiatan IFL Malang? Beberapa di antaranya yaitu Taman Inspirasi, Aku Pintar, Beyond The Future, We Care Them, Community Talk, Youth Leadership Training, serta Ngalam Youthphoria. Dalam waktu dekat, organisasi yang diketuai oleh Lucky Hidayat ini akan menjalankan program Aku Pintar 2.

“Awalnya aku gabung di IFL chapter Malang ini kan aku sebagai orang yang merantau, aku pengen memberikan kontribusi untuk kota Malang. Nah, setelah aku gabung, ternyata gak cuma tujuan awal aja yang aku dapat. Dari kegiatan-kegiatan yang kami jalani, aku jadi bisa lebih membuka mata terhadap dunia luar dan aku jadi lebih bersyukur karena banyak orang-orang yang aku temuin memiliki kekurangan yang sebelumnya gak aku duga” jelas Quartina, salah satu anggota dari Dept. Komunikasi dan Kerjasama.

Patria Bela, juga anggota dari Dept. Komunikasi dan Kerjasama menambahkan “Iya, saya sendiri awalnya bergabung karena ingin membantu orang-orang yang membutuhkan dan saat itu saya sadar, kalau mau bantu orang lain itu tidak harus menunggu kita menjadi orang yang sukses. Meskipun melalui hal-hal kecil, yang terpenting adalah hasilnya nyata. Selama saya di IFL Malang, saya sudah merasakan  bahwa 89% tujuan saya tercapai.”

Gimana nih, selain menjadi lebih produktif, kamu mau juga dong membawa perubahan positif? Berkontribusi untuk membangun Indonesia melalui hal-hal kecil. Memang pendaftaran tahun ini sudah lewat, tapi kamu bisa menunggu pendaftaran selanjutnya sekitar bulan Maret-April 2018. Tidak usah khawatir pada seleksi, kesempatan masih terbuka lebar untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa di kota Malang.

Photo: doc. IFL Malang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here