Kabarmlg.com (24/8) – Sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo untuk membangun Sumber Daya Manusia unggul dan visi menjadikan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital mempersembahkan program “​Ignite the Nation”.​ Sebuah gerakan massif yang bertujuan mengobarkan rasa patriotisme digital millennial bangsa ini.

Melalui gerakan yang akan membangun bangsa dengan mimpi, menggerakan Indonesia melalui solusi berbasis karya, teknologi, dan inovasi. Harapannya dapat tercipta berbagai solusi digital inovatif bagi negeri. Bermula dari 1000 mimpi, 1000 ide, 1000 karya dan 1000 solusi.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2019 diselenggarakan di Malang dan 9 kota lainnya di Indonesia. Terdiri dengan tahapan Ignition, Workshop, Hacksprint, Bootcamp, dan Incubation. Di Malang, tahap Ignition diselenggarakan pada Sabtu (24/8), pukul 08.00 – 16.00 bertempat di UMM Dome.

Foto: dok. 1000 startup

Dalam tahapan awal (Ignition) di Kota Malang, generasi digital millennial, yang terdiri dari mahasiswa/pelajar, pekerja swasta, ​ecosystem player, asosiasi-asosiasi, dan wirausaha muda lainnya. Harapannya, agar dapat terinspirasi untuk berani menggali dan merealisasikan mimpi besar. Lantas dapat menjadi solusi bangsa melalui sebuah program ​capacity building secara menyeluruh.

Kegiatan ​“Ignite the Nation” akan terdiri dari serangkaian sesi panel. Spanel pemain ekosistem 1000 Startup, diikuti sesi networking antar peserta. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan  menyampaikan, “​Ignite the Nation” diharapkan dapat melahirkan mimpi-mimpi digital millennial Indonesia, mimpi besar untuk menghasilkan sebuah solusi atas permasalahan bangsa Indonesia yang merupakan karya anak bangsa melalui “​applied digital solution​”.

Kegiatan panel dalam acara di Kota Malang juga diikuti beberapa pembicara dan panelis. Termasuk Walikota Malang Dr. H. Sutiaji, yang membahas terkait sektor strategis dalam pembangunan Indonesia, khususnya di Kota Malang yang membutuhkan komunitas digital creative. Kegiatan juga turut dihadiri oleh Founder & CEO Thisable Enterprise – Angkie Yudistia, Founder SmartLegal.id – Bimo Prasetio, dan ​Direktur Ngalup.co – Andina Paramitha. Mereka hadie sebagai pembicara yang telah sukses menjadi ​successful dream chaser dan diharapkan dapat memberikan inspirasi dan bimbingan bagi komunitas digital millennial dalam merealisasikan mimpi besarnya.

Foto: dok. 1000 startup

Staf Khusus Menteri Kominfo bidang Ekonomi Digital, Lis Sutjiati, selaku konseptor ​Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan “Ignite the Nation” turut mengajak masyarakat untuk hadir. “Komunitas digital millennial adalah generasi yang kami harapkan dapat menemukan, menyalurkan mimpi bakat, dan minatnya sebagai solusi atas permasalahan bangsa Indonesia yang akan melahirkan 1000 mimpi, 1000 karya, 1000 inovasi, dan 1000 solusi digital bangsa, untuk satu Indonesia,​” ujarnya.

Di era baru ini, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kembali didukung oleh berbagai institusi pemerintahan, masyarakat, dan komunitas. Salah satunya ialah Kumpul, yang terpilih menjadi koordinator nasional. Faye Alund, CEO Kumpul, ​menjelaskan, “Kami sangat senang melihat animo digital millennial Malang terhadap gerakan “​Ignite the Nation” hari ini. Semoga gerakan ini dapat menginspirasi lebih banyak lagi digital millennial lokal untuk menemukan solusi digital inovatif. Apalagi ​Malang sebagai kota pendidikan memiliki potensi besar yang harus dioptimalkan dalam hal pengembangan startup digital,” terang Faye.

Kumpul sebagai platform pembelajaran bersama yang memberdayakan coworking space,
bertujuan untuk membangun ekosistem yang fokus pada pertumbuhan wirausaha. Melalui Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Kumpul berharap dapat menghadirkan jaringan kewirausahaan yang lebih inklusif dan berkelanjutan di berbagai daerah di Indonesia.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
Narahubung Media: Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo (Ferdinandus Setu)
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024
Twitter @kemkominfo
FB: @kemkominfo
IG: @kemenkominfo
Website: ​www.kominfo.go.id

Kumpul
Website: ​www.kumpul.id
Instagram: @​kumpulco

Reporter: Bayu Wardhana
Editor: Rizka Ayu Kartini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here