Kabarmlg.com – Ruang Belajar Aqil (RBA) yang merupakan wadah pembelajaran terutama untuk masyarakat dan para pemuda, mengadakan Festival Sains & Sosial pada hari Kamis (10/5/18) berlokasi di JL. Cempaka No. 1, Malang. Festival ini diikuti oleh para anak-anak dan orang tua. Berhubungan dengan hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei kemarin, tema yang diangkat adalah membahas pentingnya pendidikan informal pada anak.

Anak-anak antusias mendengarkan cerita yang dibawakan oleh pencerita (Foto : Hafiz)

Rangkaian acaranya tediri dari Acara anak, yaitu pameran peraga sains dan sosial dengan alat peraga yang telah disesuaikan seperti di sekolah formal, permainan tematik tradisional dan pembacaan cerita yang juga secara ilmiah terbukti meningkatkan kecerdasan individu baik intelektual dan emosional anak. Kedua, konsultasi keorangtuaan yakni, pembelajaran rumah (Home Learning), minat kepenulisan pada anak, serta daya dan ekspresi kreatif anak. Ketiga, penyuluhan makanan sehat selama puasa khususnya untuk Ibu, bagaimana menyiapkan makanan yang sehat untuk keluarganya.

Para Orang tua mendengarkan penjelasan salah satu pemateri dalam kegiatan konsultasi keorangtuaan (Foto: Hafiz)

“Peserta banyak yang langsung menghubungi kami, konfirmasi untuk mengikuti kegiatan terutama untuk Festival Sains dan Sosial, karena jarang-jarang ya, ada kegiatan seperti itu dan tidak berbayar.” Ujar Retno yang merupakan Asisten Manager Program sekaligus sebagai Penanggung Jawab dari penyuluhan gizi.

Mengingat bahwa pendidikan secara formal belum cukup untuk mendidik dan menambah pengetahuan anak, pendidikan informal juga tidak bisa dianggap remeh karena juga memiliki peran penting dalam mendidik anak atau menambah pengetahuan untuk orang tua itu sendiri. Dari kegiatan ini, Farid bersama anaknya yang berusia 3 tahun merespon, “Usianya udah bisa interaktif. Bagus lah, kalau bisa sebulan sekali.” ketika ditanya mengenai bagaimana tentang keseluruhan acara.

Bermain sambil belajar di Festival Sains dan Sosial menjadi daya tarik anak-anak untuk ikut serta dalam kegiatan ini (Foto: Hafiz)

Acara ini juga melibatkan beberapa volunteer yang terdiri dari beberapa mahasiswa tingkat akhir dari berbagai perguruan tinggi. Salah satunya Elly, yang merupakan mahasiswa UMM jurusan Ilmu Komunikasi berkata “Kita tuh di kegiatan ini pengen nunjukkin bahwa pendidikan informal tadi juga penting.” saat ditanya tentang Festival ini. Respon yang didapat dari peserta, volunteer, ataupun pemateri sangat positif mengenai RBA dan tentunya Festival Sains dan Sosial ini. (05/18 Renada)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here