Mengenal Iqbal, Finalis Duta Muda Asean Asal Malang

Muhammad Iqbal Darmawan, mahasiswa Universitas Negeri Malang yang berhasil lolos menjadi grand finalist Duta Muda Asean 2019.

0
141

Kota Malang seakan tidak pernah kehabisan sosok yang inspiratif dan berprestasi. Baru-baru ini, Muhammad Iqbal Darmawan, mahasiswa jurusan Magister Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Malang (UM), berhasil menjadi salah satu grand finalist Duta Muda Asean 2019.

Pada acara Pemilihan Duta Muda Asean 2019 yang diadakan oleh Kementrian Luar Negeri tersebut, Iqbal, sukses menjadi salah satu finalis bersama 19 peserta lainnya. Acara puncak pemilihan nanti akan digelar pada tanggal 14 Oktober 2019 di Jakarta Concert Hall. Untuk mencapai final, Iqbal harus melewati beberapa fase yang bisa dibilang tidak mudah. Fase pertama berisi banyak syarat, salah satunya adalah ia harus membuat esai yang temanya ditentukan oleh panitia. Terdapat dua tema esai yang bisa dipilih oleh peserta, yakni menggaungkan Jakarta sebagai central Asean dan bagaimana meningkatkan hubungan antar pemuda di Asean. Fase ini diikuti oleh sekitar 1038 pendaftar dan diambil 105 peserta terbaik untuk melangkah ke periode selanjutnya.

Duta Muda Asean 2019
Foto: Muhammad Iqbal Darmawan

“Jadi, prosesnya lumayan panjang, sih. Awalnya, peserta diminta untuk membuat esai  yang temanya sudah ditentukan. Lalu, dari sekitar 1038 peserta, akan dipilih 105 yang terbaik untuk masuk ke periode berikutnya,” jelas Iqbal.

Setelah itu, 105 peserta yang sudah terpilih untuk masuk ke periode selanjutnya, diminta untuk membuat video yang berisi penjelasan tentang esai yang mereka buat. Berkebalikan dengan esai yang dikerjakan dengan Bahasa Indonesia, di video kali ini mereka diminta menggunakan Bahasa Inggris. Video-video tersebut kemudian diunggah melalui kanal Youtube. Dari fase ini, akan dipilih 20 peserta yang akan masuk ke babak grand final. Sebelum malam puncak babak grand final, para kandidat Duta Muda Asean 2019 mengikuti karantina yang berlangsung dari tanggal 7 Oktober 2019 hingga acara puncak pada 14 Oktober 2019.

Duta Muda Asean 2019
Foto: Muhammad Iqbal Darmawan

Malam Puncak Pemilihan Duta Muda Asean 2019

“Jadi acara malam puncaknya nanti bisa dibilang seperti Putri Indonesia. Host nya Choki Sitohang dan Nirina Zubir. Jurinya ada Pak Cecep Herawan selaku dirjen sekertaris central asean dari Indonesia, ada Nicholas Saputra, Reza Rahadian, Wulan Tilaar, dan Yuliana Prasetyawati” papar Iqbal.

Tidak hanya itu, Iqbal juga meminta dukungan dari warga Malang agar ia dapat mendapatkan hasil maksimal di babak final ini. Iqbal juga menginformasikan bahwa malam final pemilihan Duta Muda Asean ini dapat ditonton secara langsung di Jakarta Concert Hall, iNews Tower. Acara ini juga ditayangkan melalui siaran tunda di channel iNews pada tanggal 19 Oktober mendatang.

Duta Muda Asean 2019
Foto: Muhammad Iqbal Darmawan

Iqbal juga berharap, setelah babak final ini, dia bisa menunjukkan kepeduliannya di bidang pendidikan di Indonesia. Pemuda kelahiran Blitar ini ingin mewujudkan sebuah platform khusus anak-anak hingga anak muda. Platform tersebut dikhususkan untuk memberikan pengetahuan seperti isu regional hingga politik secara ringan dan mudah dimengerti.

“Kalau misal terpilih nanti, saya ingin membuat platform untuk anak-anak muda, anak TK, atau SD. Di situ, saya ingin berbagi pengetahuan secara informal biar rasanya tidak berat dan mudah dimengerti, soalnya ini masalah politik dan isu regional. Bersama teman-teman finalis Duta Muda Asean, kami juga bakal mengadakan seminar, Asean School Competition dan lain sebagainya,” harap Iqbal.

Duta Muda Asean 2019
Foto: Muhammad Iqbal Darmawan

Update berita terbaru tentang Duta Muda Asean 2019 bisa langsung dicek di akun Instagram @aseanadalahkita @dutamudaasean dan @dutamudaasean2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here