Tempenosaurus, yakni replika dinosaurus berbahan dasar tempe pertama dan terbesar di Indonesia. (Foto: Bayu Wardhana)

Kabarmlg.com – Jawa Timur (Jatim) Park Group, sebagai developer wisata buatan yang telah berpengalaman bertahun-tahun sebagai salah satu konseptor theme park favorit dan terbesar di Indonesia terus merentangkan sayapnya di bidang wisata edukatif.

Jatim Park Group kali ini menghadirkan Galeri Museum Rekor Indonesia (MURI) yang letaknya satu komplek dengan Jatim Park 3 dan menyatu dengan wahana The Miracle. Mengususng tema ‘Believe it or not!', di dalam Galeri MURI tersebut Warga Malang dapat melihat display berbagai hal unik, aneh, bahkan nyeleneh di dalamnya.


Sabtu kemarin (06/04/2019) Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, didampingi Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, tampak hadir di sela-sela kegiatan padatnya meresmikan secara langsung Galeri MURI, serta meresmikan dibukanya Kampung Hijau. Kampung Hijau sebagai salah satu kampung tematik di Kota Wisata Batu. Pada peresmian sabtu kemarin sekaligus penyerahan piagam rekor MURI atas rampungnya pembuatan Tempenosaurus, yakni replika dinosaurus berbahan dasar tempe pertama dan terbesar di Indonesia kepada pihak Jatim Park Group.

Khofifah pada saat peresmian mengungkapkan, “Menata peradaban di suatu kampung/tempat, berfokus pada pengembangannya. Maka pembangunan kampung tematik tidak hanya sekedar mewarnai, tapi perlu melibatkan kontinuitas pendampingan masyarakat. Jadi tidak sekedar menyiapkan kampung dengan warna tertentu, tapi juga ekonominya dibangun, budayanya dibangun, sosialnya dibangun, dan peradabannya dibangun”.

Melalui Kampung hijau pemerintah Kota Wisata Batu berharap dapat mengoptimalkan sektor pariwisatanya untuk kesejahteraan berkelanjutan bagi masyarakatnya. Dewanti Rumpoko, menambahkan, “Setiap tahun ada 7,2 juta wisatawan di Kota Wisata Batu yang bila semua itu kita tangkap makan perekonomian kita akan berkembang bagus. Di Kota Wisata Batu, pertumbuhan ekonomi 6,4 termasuk yang tertinggi di Indonesia”.

Reporter : Bayu Wardhana
Editor : Admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here