Anak Siaga Hansaplast (Foto: Bayu Wardhana)

Kabarmlg.com – Seringkali kecelakaan kecil terjadi diluar kendali kita, terutama dalam dunia bermain anak-anak. Sebagai orang dewasa, menjaga anak-anak dalam pengawasan tentu jadi tanggungjawab. Namun, tenaga dan waktu kita yang terbatas tentunya membatasi kita untuk bisa membersamai mereka setiap saat. Maka menanamkan pemahaman tentang pertolongan pertama adalah langkah tepat yang harus ditanamkan pada anak-anak sejak dini.

This image has an empty alt attribute; its file name is Hasaplast-2-1024x768.jpg

Anak Siaga Hansaplast (Foto: Bayu Wardhana)

Hansaplast sebagai brand ahli dalam pertolongan pertama bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan edukasi dan panduan praktik pertolongan pertama pada siswa Sekolah Dasar melalui program “Petualangan Anak Siaga Hansaplast”. Disebut “Petualangan” karena kegiatan edukasi ini dikemas dengan permainan yang menyenangkan dan pengembaraan di alam terbuka. Di Malang sendiri, program ini telah dilaksanakan pada 27-28 April di Kusuma Agrowisata & Convention Hotel. 250 siswa dari 25 sekolah di Malang dibimbing secara “peer-to-peer training” untuk mempersiapkan mereka melatih sesama teman sekolah mengenai pertolongan pertama.

This image has an empty alt attribute; its file name is Hansaplast-5-1024x770.jpg

Anak Siaga Hansaplast (Foto: Bayu Wardhana)

Petualangan Anak Siaga Hansaplast merupakan upaya lanjutan dari program Anak Siaga Hansaplast yang sudah dirintis sejak 2015. Hingga 2019 ini sudah 150.000 total siswa SD di Surabaya, Bandung, Jakarta, dan Malang yang mendapat pelatihan. Dari kegiatan ini telah dicetak 15.000 paket buku cerita bergambar dengan muatan edukasi pertolongan pertama yang dibagikan ke perpustakaan-perpustakaan sekolah.

This image has an empty alt attribute; its file name is Hansaplast-4-1024x770.jpg

Anak Siaga Hansaplast (Foto: Bayu Wardhana)

Sehingga kebermanfaatan kegiatan ini diharapkan tidak berhenti pada pelatihan teknis saja. Muhammad Muas, selaku Ketua Bidang PMR dan Relawan – PMI Pusat, mengungkapkan, “Dalam program ‘Petualangan Anak Siaga Hansaplast', tim PMI melatih para siswa mengenai pertolongan pertama, luka, serta tanggap bencana. Kami juga menyiapkan permainan seru yang menguji pengetahuan mereka mengenai pertolongan pertama. Dengan pelatihan ini, kami berharap para siswa akan kembali ke sekolah mereka masing-masing dengan kemampuan untuk melatih dan mengedukasi sesama teman sekolah mereka seputar pertolongan pertama”.

Reporter: Bayu Wardhana
Editor: Admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here