Kabarmlg.com – Saat puasa di bulan Ramadhan, ada anjuran asupan yang baik agar tubuh tetap fit saat puasa. Biasanya mahasiswa-mahasiswi rantau yg idealnya tinggal di rumah kost, mager banget ketika jam makan harus keluar. Berbeda saat Ramadhan, momen berburu takjil dan mencari santapan sahur sudah pasti jadi agenda setiap hari bareng temen kos. Anyway, sebagai anak kos yang jauh dari jangkauan orang tua, ada baiknya tetap mandiri memperhatikan asupan yang baik selama bulan puasa. Usahakan hindari junk food ya, KangYu.

Nah, 6 asupan ini sebaiknya tersedia di lemari kos kamu untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa atau saat sahur. Sehat, mudah di dapat, dan khasiatnya baik untuk tubuh terutama saat puasa seperti ini.

1. Sereal

(foto: timewellness.files.wordpress.com)

Walaupun wujudnya berupa makanan ringan, namun makanan olahan gandum ini mengandung kalori yang cukup besar bagi tubuh sebagai pengganti nasi. Selain itu, penyajiannya juga cepat, tinggal dicampur dengan susu hangat akan terasa lebih kenyang dan energi cukup untuk berpuasa seharian. Sereal juga dapat mencegah dari berbagai penayakit. Bisa banget jadi menu untuk sahur KangYu!

2. Susu atau Yoghurt

(foto: www.novosti.rs)

Susu atau Yoghurt memiliki kandungan kalsium yang tinggi dimana salah satu manfaatnya adalah memberikan energi lebih bagi tubuh. Nah, di bulan Ramadhan baiknya mengkonsumsi susu saat sahur agar tetap berenergi saat berpuasa.

3. Buah-buahan

(foto: www.hindustantimes.com)

Saat berpuasa kita kekurangan banyak cairan. Apalagi jika banyak melakukan aktivitas bergerak, maka tubuh akan dehidrasi. Semangka, apel dan anggur adalah tiga buah rekomen untuk berbuka puasa karena ketiga buah segar ini mengandung banyak air yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

4. Madu

(foto: www.honey.com)

Madu menjadi sumber energi yang baik pula bagi tubuh karena mengandung glukosa dan fruktosa. Selain mengandung kalori yang cukup, madu juga dapat menjadi pengganti vitamin agar terhindar dari penyakit. Baiknya dikonsumsi saat sahur.

5. Kurma

(foto: www.baguskali.com)

Kurma adalah buah yang menjadi favorit sekaligus anjuran Rasullullah bagi umat Islam untuk menikmatinya saat berbuka puasa. Kurma mampu memberikan rasa kenyang ketika dikonsumsi saat berbuka puasa, sehingga KangYu bisa mengurangi porsi makanan berat berlebih.

6. Roti

(foto: images3.wikia.nocookie.net)

Kalau yang satu ini sudah pasti nggak ketinggalan. Seperti sereal, roti dapat menjadi pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang tinggi hampir sama seperti nasi. Nah, makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, selian mengenyangkan juga menjadi penambah energi bagi tubuh.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here