Sebagai kota yang dikenal dengan julukan kota pendidikan, Malang terus menggalakkan fasilitas agar masyarakatnya semakin melek literasi. Mulai dari toko buku, rumah baca hingga perpustakaan, semua tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan literasi. Salah satu perpustakaan terbesar di Kota Malang yang akan dibahas di dalam artikel ini adalah Perpustakaan Umum Kota Malang.

Foto: Rachmad Ersan

Berdiri sejak tahun 1965, perpustakaan ini telah melalui berbagai renovasi di berbagai sisi sehingga berdiri megah seperti sekarang ini. Perpustakaan Umum Kota Malang memiliki koleksi yang terdiri dari koleksi referensi, buku reverse atau kopian pertama dari setiap judul buku, buku umum, buku anak dan buku keliling. Total koleksi dari perpustakaan ini berjumlah 178.533 eksemplar buku (per akhir 2017).

Foto: Alex Agung

Berbagai Macam Fasilitas yang Bisa Membuka Minat LIterasi

Perpustakaan Umum Kota Malang memiliki bangunan berlantai tiga dengan berbagai fasilitas di tiap lantainya. Di lantai pertama terdapat ruang baca anak, bagian pendaftaran dan registrasi anggota, dan loker penitipan yang bisa digunakan oleh 500 pengunjung. Selain itu, fasilitas lain seperti musholla, kantin dan toilet berada di lantai ini. Naik ke lantai berikutnya, pengunjung akan dapat melihat ruang baca umum dan ruang referensi.

Foto: El Kasho

Di ruangan ini, tersedia berbagai macam koleksi buku umum dan buku referensi. Selain itu, di ruangan ini juga tersedia banyak meja dan tempat untuk membaca maupun mengerjakan hal lainnya. Tempat ini cocok bagi pelajar maupun mahasiswa yang mencari suasana baru untuk menyelesaikan tugas mereka. Di lantai tiga atau paling atas, terdapat hall serbaguna dengan panggung dan sound system.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Toko Buku di Kota Malang

perpustakaan umum kota malang
Foto: Alex Agung

Untuk meminjam koleksi di Perpustakaan Umum Kota Malang, pengunjung perlu membuat terlebih dahulu kartu anggota. Syaratnya cukup mudah. Bagi pengunjung yang berasal dari Malang, cukup menunjukkan KTP, mengisi formulir dan foto di tempat. Untuk pengunjung yang berasal dari daerah lain, syaratnya sama dengan tambahan surat keterangan domisili sementara dan disahkan oleh ketua RT setempat. Sedangkan bagi pelajar yang belum memiliki KTP, perlu membawa surat keterangan dari sekolah dan fotokopi KTP orang tua. Pendaftaran juga bisa melalui website digilib.malangkota.go.id dan mengikuti langkah-langkahnya di sana.

Baca Juga: Menyusuri Spot-spot Menarik di Kawasan Ijen-Simpang Balapan

perpustakaan umum kota malang
Foto: El Kasho

Perpustakaan ini buka tiap hari dengan jam buka yang berbeda di akhir pekan. Pada hari kerja, Perpustakaan Umum Kota Malang buka dari pukul 08.00 hingga 19.30, sedangkan di akhir pekan, perpustakaan ini buka dari pukul 09.00 sampai 19.30.

Perpustakaan ini dapat menjadi opsi bagi kalian untuk berlibur tanpa menghabiskan uang sepeser pun. Selain melepas penat, kalian juga bisa menambah ilmu baru melalui koleksi-koleksinya.

Editor: Icha

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here