Creanomic merupakan acara expo yang diadakan oleh Vokasi UB pada tanggal 5-6 November 2019 di gedung Samantha Krida, UB. Memiliki tema Outer Space, Creanomic 2019 memiliki tujuan untuk mengajak para pengunjung yang sebagian besar merupakan milenial untuk selalu berpikir out of the box, terutama di bidang enterpreneurship.

creanomic vokasi ub
Foto: Zahri Firdaus

“Dari segi tema, mungkin tahun ini Creanomic lebih ke Outer Space ya, bisa dilihat dari desain-desain di venue-nya. Jadi, kami memilih Outer Space karena ingin mengajak para pengunjung yang kebanyakan milenial ini untuk terus berpikir out of the box, terutama di bidang enterpreneurship,” jelas Sanggra Reza Nuary, selaku Ketua Pelaksana Creanomic 2019.

creanomic vokasi ub
Foto: Zahri Firdaus

Sanggra menambahkan, untuk Creanomic kali ini, terdapat banyak lomba baik untuk tingkat SMA maupun tingkat mahasiswa. Di samping itu, ada pula talkshow menarik yang diisi oleh pemateri handal dari berbagai bidang.

“Untuk tingkat SMA/SMK, ada lomba akustik, videografi dan pidato. Sedangkan untuk tingkat mahasiswa, kami mengadakan lomba fotografi. Kami juga mengadakan talkshow yang diisi oleh pembicara seperti Gunawan Prianto, S.Kom (Local Staff Shopee Area Malang), Martalinda Basuki (Owner Coklat Klasik), Diana Tanu (CEO Top Karir) dan Rhaka Ghanisatria (CEO Menjadi Manusia),” tambahnya.

creanomic vokasi ub
Foto: Zahri Firdaus

Baca Juga: Mahasiswa Unisma Raih Gelar di Turnamen Taekwondo Internasional

Pameran Produk Mahasiswa untuk Menumbuhkan Enterpreneurship

Selain lomba dan talkshow, ada pula stan yang memamerkan karya maupun produk ciptaan anak Vokasi UB. Berbagai karya ciptaan mahasiswa vokasi, mulai dari bidang seni hingga enterpreneur, semua dipamerkan di stan ini.

Foto: Zahri Firdaus

“Kami juga punya stan untuk tempat show off bagi teman-teman Vokasi. Jadi di sini kami menyediakan stan untuk memamerkan sekaligus menjual produk mereka seperti makanan ringan dan lainnya,” terang Sanggra.

Dengan diadakannya acara Creanomic ini, Sanggra memiliki dua harapan yang terbagi menjadi harapan jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendeknya, Sanggra ingin mahasiswa yang berjualan di stan-stan yang sudah disediakan memiliki penghasilan sendiri di samping kuliahnya. Untuk jangka panjang, Sanggra berharap agar Creanomic ini menjadi langkah awal untuk menjadi seorang enterpreneur yang sukses di masa depan.

Foto: Zahri Firdaus

Baca Juga: Fisheries Choir UB Dulang Prestasi di Ajang JWCF 2019

“Harapan jangka pendeknya, mahasiswa yang buka stan di sini bisa memiliki penghasilan sendiri di samping kuliah yang mereka jalani. Kalau jangka panjang, semoga Creanomic ini menjadi awal bagi mereka untuk menjadi pengusaha atau enterpreneur yang sukses di masa depan,” pungkasnya.

Editor: Icha

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here