November merupakan bulan yang kental dengan nuansa Hari Pahlawan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh tiap 10 November tiap tahunnya, salah satunya adalah menonton film dengan tema perjuangan. Bicara mengenai film bertema perjuangan, tentu banyak yang sudah mendengar film Battle of Surabaya. Film yang dirilis pada Agustus 2015 silam tersebut merupakan salah satu film yang cocok  ditonton untuk memperingati Hari Pahlawan.

Foto: Galery IMDb

Sekilas mengenai Battle of Surabaya, film ini merupakan film 2D pertama yang memiliki latar belakang sejarah sebagai garis besar ceritanya. Film garapan MSV Production dan disutradarai oleh Aryanto Yuniawan ini berkisah mengenai seorang remaja tukang semir sepatu bernama Musa. Pada pertempuran 10 November 1945, Musa dipercaya untuk menjadi kurir bagi perjuangan arek-arek Suroboyo dan tentara TKR.

Foto: Galery IMDb

Sebagai kurir, Musa dipercaya untuk mengantar surat serta kode-kode rahasia yang disampaikan melalui radio bentukan Bung Tomo, yakni Radio Pemberontakan Rakyat Indonesia. Banyak rintangan yang harus dilalui Musa sebagai kurir, seperti harus kehilangan harta maupun nyawa orang yang disayanginya. Semua hal tersebut dilalui oleh Musa demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

battle of surabaya film pahlawan indonesia
Foto: Galery IMDb

Penghargaan yang Diraih oleh Film Battle of Surabaya

Dalam proses pembuatannya, film garapan anak bangsa ini melibatkan 150 animator Indonesia, termasuk untuk tim sound dan editing. Kerja keras mereka terbayar tuntas setelah film ini meraih segudang penghargaan, baik skala nasional maupun internasional. Film Battle of Surabaya berhasil memenangkan penghargaan kategori Best Animation di berbagai festival film seperti Milan International Film Festival 2017, Nice International Film 2017 dan London Gold Movie Awards 2018. Deretan penghargaan yang diterima membuat film karya anak negeri pantas untuk diperhitungkan di kancah perfilman internasional.

Baca Juga: Ulasan Film: Love For Sale 2

battle of surabaya film pahlawan indonesia
Foto: Galery IMDb

“Terpilihnya film bertema pertempuran Surabaya ini sebagai film animasi terbaik di penghargaan internasional menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki animator-animator yang pantas diperhitungkan di kancah perfilman internasional,” ungkap Esti Andayani, Dubes RI untuk Italia saat menerima penghargaan untuk Battle of Surabaya di ajang Milan International Film Festival 2017, dikutip dari CNN Indonesia.

Baca Juga: Yuk Intip Tiga Film Terbaru di Minggu Ini!

battle of surabaya film pahlawan indonesia
Foto: Galery IMDb

Selain telah dirilis dalam bentuk film, Battle of Surabaya juga telah dirilis dalam bentuk novel pada tahun 2018. Novelnya bisa didapatkan di toko-toko buku kesayangan kalian. Baik dalam bentuk film maupun novel, Battle of Surabaya sangat direkomendasikan bagi kalian agar mengerti bagaimana sukarnya mempertahankan kemerdekaan dan semakin menghargai jasa para pahlawan. 

Baca Juga: 7 Film yang Membuat Malam Halloween Semakin Mendebarkan

Editor: Icha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here