Kabarmlg.com – Hollywood, perusahaan raksasa produksi film dari Amerika telah diakui karyanya secara internasional. Indonesia musti bangga memiliki Livi Zheng, sutradara cantik berbakat kelahiran Malang yang telah menembus industri film Hollywood.

Penghargaan-penghargaan kelas dunia telah diraihnya. Seperti nominasi “Best Picture”, bersaing dengan film Black Panther, Aquaman dan film kelas dunia lainnya. Serta penghargaan “Tourism Marketeers of The Year 2019”.

Kesadaran masyarakat Amerika bahkan dunia yang minim pada Indonesia, khususnya pada keseniannya, menggugah kesadaran Livi. Semula ia kerap menggarap film-film action, kemudian memutuskan untuk banting setir dan mengangkat budaya Indonesia dalam film Bali: Beats of Paradise.

Livi Zheng, Dara Kelahiran Malang.

Bermula dari pertemuannya dengan seniman gamelan asli Indonesia yang tinggal di Amerika. Livi merasa kisah hidup seniman ini begitu inspiratif. Seketika perjumpaan ini menjadi batu loncatan baginya untuk mengerjakan film Bali: Beats of Paradise.

Seniman tersebut adalah I Nyoman Wenten. Komposer Indonesia yang telah mengajarkan gamelan selama 40 tahun lebih. Kini beliau mengabdikan dirinya untuk mengajar di UCLA Herb Alpert School of Music dan Sekolah Musik California Institute of the Art.

Dalam film, Wenten yang mulai memasuki usia senja ingin menelurkan karya istimewa sebelum pensiun dan kembali ke Bali. Di sisi lain, Judith Hill, penyanyi pemenang Grammy Award mencari suara otentik yang segar untuk dikomposisikan dalam paduan musiknya. Disinilah kisah mereka berdua berpadu, dikemas dan melahirkan perpaduan gaya funk dengan gamelan.

Livi Zheng Bersama Penggemar.

Film yang digarap selama setahun di California dan Bali ini telah mendapat sambutan luar biasa dari para pegiat film. Dan telah tayang di Academy of Motion Picture Arts and Sciences, & Beverly Hills. Bahkan saat penayangan dalam program Pride of Southeast Asia, kursi yang disediakan tidak sanggup menampung antusiasme penonton.

“Bali: Beats of Paradise sudah tayang di bioskop-bioskop Amerika dan Korea. Kemarin filmnya diundang tayang di Walt Disney juga, dan kemarin hak tayangnya dibeli Singapore Airlines,” ungkap Livi Zheng.

Namun bagi yang berada di Indonesia musti bersabar, ya. Karena Film Livi akan tayang serentak di Bioskop-bioskop Indonesia kesayangan kalian mulai 22 Agustus 2019 mendatang.

Antusiasme Penayangan Gala Premiere di Matos Bersama Livi Zheng.

“Saya tuh (aslinya) kelahiran Malang. Makanya kenapa premierenya kita mulai dari Malang,” ujar Livi saat dijumpai dalam Gala Premiere di Malang Towns Square. Setelah penayangan perdana premiere di Malang, Kota-kota lain seperti Blitar, Surabaya, dan Jakarta menyusul setelahnya.

“Keren banget, sangat menginspirasi, dan banyak pesan yang ada dalam film tersebut. Sebagai generasi muda kita jangan melupakan kebudayaan kita, sayangi kebudayaan, sayangi yang ada dilingkungan kita,” ujar Fitri Pujilestari usai menonton gala premiere di Matos.

BALI: Beats of Paradise

Sutradara            : Livi Cheng (Jawa Timur, Indonesia)

Tayang                  : Internasional – 2 Agustus 2019 & Nasional – 22 Agustus 2019

Genre                   : Entertaintment, (Cultural Music) Documentary Film

Pemeran             : Judith, Hill, Nyoman Wenten, Nanik Wenten, Don Hall, Norman Hollyn.

Penulis: Bayu Wardhana
Penyunting: Rizka Ayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here