Kabarmlg.com – Kota Malang dikenal sebagai salah satu kota Kreatif di Indonesia, hal ini ditandai dengan banyaknya talenta-talenta lokal Malang yang hadir dengan karya-karyanya yang dapat menembus pasar nasional maupun pasar global. Salah satunya adalah Arunika, Studio Branding – Ilustrasi yang dapat menembus pasar internasional.

Berawal dari sebuah obrolan santai di kedai kopi, Ronny Kurniawan bersama rekannya, M. Dzulfikri, Gusti M. Zulhan, dan Zuchal Rosyidin merintis Arunika Studio. Sebuah studio kreatif sederhana yang terletak di salah satu kawasan perumahan elite di kota Malang.

 

Tim Arunika Studio (Photo: Bayu)
Tim Arunika Studio (Photo: Bayu)

Yang menarik dari Arunika Studio adalah konsep ruang tamu yang dijadikan laboratorium kerja untuk menghasilkan karya rancangan visual apik yang syarat makna dan estetika project dari klien perusahan dalam dan luar negeri.

 

Aktivitas Tim Arunika Studio (Photo : Bayu)

Kegigihan dalam memanfaatkan platform showcase digital untuk memamerkan karya serta portofolio mereka membuat klien mulai berdatangan. Klien mereka tak bisa dianggap remeh, mulai dari PT. Astra Daihatsu Motors, PT. Perusahaan Gas Negara (PGN), PT. ABC President Indonesia, hingga perusahaan raksasa internasional. Perusahaan sekelas Amazon Music Jerman pun dibikin ketagihan dengan hasil kerja mereka yang memuaskan.

“Kita tuh pengin ngasih bukti, meskipun kita kantornya kecil di Malang, ngga berarti kita ngga bisa dapat project (seperti) dari Jakarta ataupun luar negeri. Kan, kita juga udah buktiin kok dengan nama kita yang belum banyak yang tahu, belum banyak portofolio juga, tapi kita bisa dapet klien (sekelas) Amazon,” tutur Ronny.

 

Portofolio salah satu project Arunika Studio (Gambar : Arunika)

Sayangnya, Ronny merasa apresiasi dan kesadaran dari warga lokal masih kurang terhadap profesi graphic designer. Menyadari pasar lokal yang kurang maksimal, sedari awal ia bersama rekannya menyasar target ke kota besar seperti Jakarta hingga luar negeri.

Emang misi dari kita pengin ningkatin level design di Malang. Makanya kita lebih nyaman stay di Malang saja.  Kalau visinya kita ingin jadi Best Creative Partner, karena kita ingin anggap klien kita sebagai teman,” ujar Ronny.

Arunika Studio dan orang-orang di baliknya tak sekadar mengomersilkan desain grafis, Tidak hanya sekadar menyelesaikan pesanan klien, mereka juga memberi masukan dan rekomendasi melalui komunikasi yang intens untuk menghasilkan solusi sesuai kebutuhan klien.

 

Arunika Studio

Jl. Puri Palma V nomor 5 Araya, Malang.

Instagram.com/helloarunika,

 behance.net/helloarunika.

www.arunika.co

 

Reporter & Fotografer : Bayu Wardhana

Editor : Rizka Ayu

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here