Setelah melalui berbagai proses yang berlangsung selama beberapa tahun, Ambon berhasil meraih penghargaan sebagai kota musik yang ditetapkan oleh badan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Ambon merupakan kota ketiga di Indonesia yang mendapatkan predikat dari UNESCO setelah Pekalongan (Crafted Folk Arts) dan Bandung (Design). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Audrey Azouley pada 30 Oktober 2019. Ambon menjadi satu dari 66 kota yang mendapatkan penghargaan kota kreatif baru dari UNESCO.

“Tadi Director UNESCO City Of Music Mannheim Jerman, Rainer Kern, menghubungi saya. Di dalam pesan singkatnya, beliau memberi selamat Kota Ambon yang ditetapkan sebagai kota kreatif berbasis musik bersama 65 kota lain lainnya,” ujar Ronny Loppies, dilansir dari Gatra.com.

ambon kota musik
Foto: Tribun-maluku.com

Ia juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang memberikan ekosistem nyaman untuk bermusik di Kota Ambon.

“Capaian ini bisa didapat berkat dukungan dari berbagai pihak, baik yang memberikan doa, kritik maupun saran. Kritik dan saran yang diterima juga menjadi motivasi bagi kami. Guna mempersiapkan Ambon untuk didaftarkan ke UNESCO dan ditetapkan sebagai UNESCO City of Music,” tukas Ronny.

ambon wonderful indonesia
Foto: Indonesiatrip.id

Ronny juga menambahkan bahwa pencapaian ini juga tak lepas dari peran Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) yang menilai Ambon layak untuk dijadikan kota bermusik.

“Awalnya, Bekraf yang menilai Kota Ambon memiiki potensi besar di bidang musik dan mendorong Ambon untuk memiliki slogan City of Music,” paparnya.

Glenn Fredly Sampaikan Ucapan Selamat

Prestasi ini tentu membuat gembira banyak pihak, termasuk Glenn Fredly, musisi ternama yang berasal dari Ambon. Dalam akun instagramnya, Glenn Fredly mengucapkan selamat ke seluruh warga Ambon atas prestasi yang mereka dapatkan.

Baca Juga: NTT Raih Peringkat Pertama Destinasi Wisata dengan Harga Terbaik

ambon kota musik
Foto: Kabartimurnews.com

“Selamat masyarakat kota Ambon! Kerja keras banyak pihak membuahkan hasil. Kota Ambon menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang masuk dalam salah satu jaringan sebagai kota musik dunia oleh UNESCO,” ujar Glenn.

Ia berharap dengan terpilihnya Ambon sebagai kota musik, dapat memberikan berkah dan harapan baru bagi masyarakat Ambon yang baru-baru ini terkena bencana gempa.

“Ini adalah berkah dan harapan baru bagi masyarakat Kota Ambon di tengah bencana gempa yang terjadi. Beta percaya segala sesuatu indah pada waktuNYA,” tukasnya.

Editor: Icha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here