Tim Aerokreasi merupakan salah satu bagian dari Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Brawijaya (UB). Tim ini memiliki tiga spesialis yang bergerak di masing-masing bidang, yakni spesialis desain dan manufaktur, spesialis electrikal, dan spesialis manajerial.

“Untuk di Tim Aerokreasi sendiri, kami memiliki tiga spesialis yang punya tugas masing-masing. Pertama ada spesialis electrical yang mengurusi bagian listrik dan pemrograman. Lalu ada spesialis desain dan manufaktur yang tugasnya merancang dan mendesain armada. Terakhir, ada spesialis manajerial yang bertanggung jawab mengurusi surat-surat,” jelas Made, anggota Tim Aerokreasi spesialis desain dan manufaktur.

Tim Aerokreasi UB
Foto: Tim Aerokreasi UB

Prestasi Tim Aerokreasi UB

Untuk tahun ini, Tim Aerokreasi telah mengikuti dua kompetisi, salah satunya adalah Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2019 yang diadakan oleh UNESA bekerja sama dengan Kemenristekdikti. Persiapan yang dilakukan pun dimulai sejak tahun lalu atau sejak KRTI 2018 usai. Untuk tahun ini, Tim Aerokreasi menurunkan tim untuk bertanding di dua divisi lomba, yakni Racing Plane dan Fixed Wings. Untuk divisi Fixed Wings, ini adalah pertama kali Tim Aerokreasi turut berpartisipasi.

“Persiapan sih, sudah dimulai sejak tahun lalu setelah KRTI 2018 selesai. Saat itu, kami berhasil meraih podium ketiga. Hasil dari kompetisi saat itu, menjadi evaluasi untuk ikut di KRTI tahun ini,” ungkap Made.

Tim Aerokreasi UB
Foto: Tim Aerokreasi UB

Dalam KRTI 2019, divisi Racing Plane yang dikirimkan oleh Tim Aerokreasi berhasil meraih podium pertama. Prestasi tersebut merupakan capaian tertinggi mereka selama mengikuti seri KRTI. Sebelumnya, mereka mendapatkan dua kali podium ketiga di seri KRTI ini.
“Jadi, untuk divisi Racing Plane, kami berhasil meraih podium satu di KRTI 2019 ini. Untuk anggota Racing Plane sendiri terdiri dari saya sebagai ketua tim, Avissena (Pilot), Candra (Mekanik), Alfiansyah (Mekanik), Nuzron (Mekanik), Abdur (Electrical) dan Deva (Manajerial),” papar Made.

Kini, Tim Aerokreasi tengah bersiap untuk mengikuti Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019 yang diadakan di UMM yang dimulai 11 Oktober 2019. Ini adalah keikutsertaan Tim Aerokreasi yang pertama di kompetisi KKCTBN. Made pun juga memberi target dan harapan untuk Tim Aerokreasi di perlombaan ini.

Tim Aerokreasi UB
Foto: Tim Aerokreasi UB

“Ini kan keikutsertaan pertama kami. Jadi, kami mencoba untuk mempersiapkan diri dengan lihat-lihat video di Youtube, sembari melakukan riset. Setelah mengikuti beberapa kali seleksi, akhirnya sampai ke tahap untuk bisa mengikuti acara puncak di UMM. Jadi, karena sudah melangkah sejauh ini, di final nanti kalau bisa kami dapat peringkat lima besar, lah,” harap Made.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here