Kabarmlg.com – 17 Agustus selalu menjadi hari yang sakral bagi bangsa Indonesia. Pada hari ini, tepatnya 74 tahun yang lalu sebuah bangsa yang besar dengan beragam perbedaan disatukan dalam bingkai merah putih, Indonesia. Sebagai hari lahirnya ibu pertiwi beragam cara dilakukan untuk memperingati momen tersebut, salah satu yang menjadi wajib adalah upacara bendera.

Foto: Adam

Upacara menjadi agenda wajib bagi setiap daerah di Indonesia. Mulai dari instansi pemerintahan/swasta, hingga lembaga pendidikan sampai dengan masyarakat sipil sekalipun turut memperingati hari kemerdekaan. Kota Malang sebagai salah satu basis perjuangan kemerdekaan, juga mengadakan upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.

Upacara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Malang tersebut, bertempat di Stadion
Gajayana, pada Sabtu (17/8). Upacara dihadiri oleh sekitar 20.000 orang. Terdiri dari para pelajar, Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Malang, Aparatur Sipil Negara, TNI, Polri, Ormas, dan undangan lainnya yang juga terdiri dari masyarakat umum. Upacara berlangsung dengan hikmat mulai pukul 9.30-10.30 WIB.

Foto: Adam

Terdapat berbagai rangkaian di dalamnya yang melibatkan berbagai elemen masyarakat di Kota Malang. Upacara dibuka oleh tarian kolosal pelajar SMP dari berbagai sekolah di Kota Malang. Tak lupa juga menampilkan tarian adat dari berbagai daerah di Nusantara. 10 menit berselang setelahnya, rangkaian upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan diawali dengan menyanyikan lagu wajib yaitu Hari Merdeka, Benderaku,
dan Indonesia Pusaka.

Foto: Adam

Tepat pada pukul 10.00 upacara dimulai dengan inspektur upacara Walikota Malang, Sutiaji yang kemudian disambung dengan pembacaan teks proklamasi oleh ketua DPRD Kota Malang. Upacara berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Puncak acara yaitu pengibaran bendera Indonesia Sang Saka Merah Putih dikibarkan oleh pasukan Paskibraka yang merupakan siswa-siswi terpilih dari berbagai sekolah negeri maupun swasta di Kota Malang.

Foto: Adam

Upacara peringatan proklamasi kemerdekaan ditutup dengan harapan singkat. Agar
bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang maju dengan SDM yang unggul. Sesuai
dengan mandat pejuang terdahulu yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945,
…untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut
melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan
keadilan sosial”.

Reporter: Denny
Editor: Rizka Ayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here