Kabarmlg.com Saat ini, hampir semua orang menyukai fotografi. Fotografi memang merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Ketika bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja, KangYu bisa menjadikan fotografi sebagai salah satu cara melepas penat. Nah, kali ini Kabarmlg akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering membuat bingung para fotografer pemula. Berikut hasil wawancara tim Kabarmlg dengan dua orang mahasiswa yang sudah bertahun-tahun menjalani hobi fotografi, M. Afif Dzikra A. dan Deby Aulia H.

Gimana kalau ingin hasil foto bagus tapi gak punya kamera bagus?

Pasti tidak sedikit di antara KangYu yang tertarik pada fotografi, bukan? Tidak punya kamera bagus bukan masalah besar yang bisa dijadikan alasan menyurutkan ketertarikan tersebut. Saat ini sudah banyak penyedia jasa peminjaman kamera. Selain itu, dengan kamera apapun, bahkan kamera HP, KangYu tetap bisa menghasilkan foto yang bagus. “Peralatan memang menentukan hasil, tapi fotografer jauh lebih menentukan. Kalau ditanya apa alat yang paling bagus, jawabannya adalah kamera yang ada di tanganmu saat itu”, ucap Afif, mahasiswa semester 7 yang memiliki hobi fotografi sejak kelas 3 SMP.

Photo by: Deby Aulia H.

Gimana caranya biar hasil foto bisa kayak fotografer-fotografer yang sudah pro?

Bagi pemula yang ingin menghasilkan foto layaknya fotografer professional tentunya harus sering-sering belajar. Belajar di sini bisa dilakukan melalui beberapa hal seperti melakukan hunting secara rutin dan sering-sering melihat foto dari fotografer yang sudah berpengalaman untuk menambah referensi. Selain itu, KangYu juga bisa mengikuti lomba-lomba. Dengan mengikutsertakan hasil foto, secara tidak langsung KangYu bisa mengukur kemampuan yang dimiliki dan membandingkan foto-foto dengan peserta lainnya. Namun, penting juga untuk mempelajari teknik-teknik pengambilan gambar serta menambah pemahaman kamera yang digunakan. “Kalau ingin mempelajari fotografi, belajarlah dari kamera yang paling sederhana agar bisa melewati banyak pembelajaran” tips dari Deby, mahasiswa yang sudah menyukai fotografi sejak kelas 2 SMP, khususnya foto-foto Fine Art.

Photo by: M. Afif Dzikra A.

Foto yang bagus itu yang kayak gimana sih?

Bagus? Kata tersebut tentunya sangat relatif jika diukur. Untuk itu, Kabarmlg memberikan dua pendapat ini buat KangYu yang masih bingung tentang foto seperti apa yang bagus.

Menurut Deby, foto yang bagus adalah foto yang bisa membawa kita ke dalam suasana yang ada pada foto tersebut.

Menurut Afif, foto yang bagus adalah foto yang bisa bercerita. Ketika orang lain melihat foto tersebut, dia sudah tahu apa maksud atau makna yang ingin disampaikan fotografer. Jadi, tanpa caption pun, orang sudah bisa memahami.

Gimana nih, KangYu? Gak perlu pusing-pusing lagi kan? Jangan sampai kebingungan atas pertanyaan-pertanyaan di atas mengurungkan ketertarikan KangYu terhadap fotografi. Selamat jepret sana jepret sini.

Instagram

@debyauliaa
@afifdzikra

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here