Malang – Panitia Pengenalan Studi Mahasiswa Baru (PESMABA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan menggelar acara Orasi Bakti Bhineka (OBB) Senin (28/08) mendatang di Wilayah Kampus 3 UMM. OBB merupakan salah satu rangkaian acara Pra-PESMABA Fakultas yang diadakan oleh FISIP UMM, sekaligus merupakan konsep baru yang coba disuguhkan oleh panitia tahun ini.

Mengusung tema “Menumbuhkan Karakter Mahasiswa yang Inovatif, Cerdas, dan Tanggap Perbuhana dengan Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Kebhinekaan”, M. Khisomudin Ulil Albab, selaku Ketua Pelaksana PESMABA FISIP mengungkapkan, “PESMABA FISIP UMM 2017 ini diharapkan mampu membuat para mahasiswa baru semakin sadar akan gelar “maha” yang mereka terima di jenjang perkuliahan ini haruslah dijaga dan diaplikasikan untuk tanggung jawab besar yang akan mereka hadapi kedepan yakni membawa perubahan bagi Negara tanpa meninggalkan identitas dan kultur budaya yang semakin tergerus zaman dan teknologi yang semakin canggih”.

Mengenai tujuan diselenggarakannya OBB ini, Ulil menambahkan, “Sebagai salah satu pengaplikasian tema PESMABA FISIP tahun ini, OBB dimaksud untuk mempersatukan dari segi pluralisme yang ada pada masyarakat Indonesia yang diwakilkan oleh para mahasiswa baru yang tentunya berasal dari berbagai suku budaya yang berbeda-beda dengan mengkonsepkan kultur gotong-royong bersama masyarakat sekitar guna menanamkan cara untuk menjawab tantangan zaman nantinya.

Sementara itu, dalam acara pembukaan telah diundang empat budayawan Malang yang akan melakukan orasi budaya. “Empat budayawan yang kami undang diantaranya Ki Demang, Pak Jati, Pak Narto, Mas Redi, dan Pak Aji. Selain itu juga akan ada aksi tari Topeng Malangan dari sanggar Ki Demang pun penampilan dari teman-teman mahasiswa baru yang berbakat” jelas Dinda Estu, selaku koordinator acara.

“Adapun konsep acara OBB ini nantinya akan merepresentasikan kebhinekaan yakni berbeda-beda namun tetap satu jua. Sehingga dapat dilihat dari kegiatan OBB FISIP bahwa orasi tidak hanya berisi teriakan-teriakan atau kata-kata orasi saja, namun juga dapat direpresentasikan dengan kegiatan riil seperti kerja bakti. Diawali dengan pembukaan pukul 07.00 pagi di Helipad Kampus 3 UMM yang terdiri dari salam pembuka oleh para lima budayawan, kemudian akan diadakan orasi budaya, hingga penampilan aksi kesenian budaya yang telah disebutkan sebelumnya. Kemudian teman-teman mahasiswa baru akan disebar ke empat titik di wilayah kampus untuk melakukan bakti sosial berupa penanaman pohon secara gotong royong, orasi semut yakni untuk kerja bakti bersih-bersih hingga pukul 12.00 siang”, lanjutnya.

OBB ini rencananya akan diikuti oleh kurang lebih sekitar 1300 mahasiswa baru FISIP UMM. Mengingat jumlah mahasiswa baru FISIP UMM yang belum mampu dipastikan, Panitia Presensi yang memiliki data menjelaskan, “Hingga hari ini (23/8) total mahasiswa baru FISIP UMM adalah 1195 mahasiswa. Namun, masih ada kemungkinan adanya penambahan kuota hingga 1315 mahasiswa. Hal ini belum dapat dipastikan selagi menunggu penutupan pendaftaran ulang mahasiswa baru pada Jum’at (25/8) mendatang.”

 

BAGIKAN

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here