Malang, 22 Agustus 2017 – Sebagai wujud nyata peduli pada warga desa, program pengabdian Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kelompok KKN 22 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang didukung oleh perusahaan cat PT. Inti Dayaguna Aneka Warna (INDANA) atau biasa dikenal dengan Decofresh melakukan program pengecatan rumah warga Dusun Sumbergadung, Desa Sumberagung, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Inisiatif program pengecatan ini sejalan dengan tren kampung atau desa warna-warni di Kota Malang, namun KKN 22 UMM ingin membawa konsep tersebut ke desa tempat program pengabdian KKN dilaksanakan. Selain itu program ini juga mendukung acara peringatan HUT RI ke-72, yaitu lomba kebersihan dan keindahan lingkungan antar dusun se-Desa Sumberagung. Terbukti kesuksesan program ini membawa dusun Sumbergadung menyabet gelar juara dalam acara peringatan HUT RI tersebut.

Menurut salah satu koordinator program pengecatan ini, Raka Yudhis, pengecatan ini selain dilakukan oleh mahasiswa/i KKN 22 UMM juga tidak luput dari bantuan warga sendiri. “Saat melakukan survey sebelum KKN, warga juga mengusulkan untuk kami ikut membantu dalam lomba keindahan dan kebersihan lingkungan antar dusun, lalu kami merencanakan program pengacatan ini.” Ia juga menambahkan bahwa warga sangat kooperatif dan suportif sehingga program ini lancar terlaksana.

Program pengecatan ini memakan waktu sekitar tiga minggu, dengan menghabiskan 92 kilogram cat yang merupakan CSR dari PT. INDANA. Area pengecatan ini juga meliputi RT 17 dan RT 18 dusun Sumbergadung. Program ini juga merupakan salah satu cara efektif untuk mendukung warga menjaga keasrian tempat tinggalnya.

Menurut Pak Wo selaku kepala dusun Sumbergadung mengatakan bahwa, “Iya, kami sangat terbantu dengan adanya program ini, warga juga senang rumahnya jadi bagus, dan juga dusun kami menang juara lomba antar dusun, sebelum teman-teman KKN datang, dusun kami belum pernah juara, terima kasih.” Beliau juga menambahkan potensi alam yang ada di dusun ini sangat potensial terbukti dari pemandangan dusun yang dikelilingi oleh bukit Srege, sehingga sangat cocok untuk spot foto-foto.  Harapannya dusun Sumbergadung dapat dikunjungi warga lain untuk berfoto-foto dan juga mendorong dusun lain untuk memperindah dusunnya. (slv)

Dokumentasi oleh: KKN 22 UMM Sumberagung

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here