Malang – Kesahatan sangatlah penting dalam menunjang semua aktifitas yang akan dilakukan setiap harinya. Tidak seluruh masyarakat terutama di pedesaan yang paham akan menjaga kesahatan tubuhnya. Aktifitas tidak akan bisa berjalan lancar apabila tubuh tidak sehat.

Sebagai wujud perhatian akan kesehatan para lansia dan ibu-ibu , KKN 103 UMM yang berlokasi di desa Pandanrejo dusun Sumbersuruh melakukan cek kesahatan keliling untuk masyarakat pada Rabu (2/8/2017). Salah satu program unggulan dari  KKN 103 UMM ini dilaksanakan secara rutin pada setiap minggunya. Program cek kesehatan keliling ini adalah salah satu dari 3 program divisi kesahatan KKN 103 UMM, yaitu cuci tangan dan sikat gigi yang benar, cek kesehatan keliling, dan pengobatan gratis. Cek kesehatan keliling ini mencakup beberapa RT yang berada di dusun Sumbersuruh dan diutamakan untuk lansia dan ibu-ibu. Program ini dilakukan oleh mahasiswa kedokteran yang tergabung dalam divisi kesahatan Kelompok KKN 103, mulai dari melakukan cek tensi ( Tekanan Darah) serta menanyakan berbagai keluhan pasien yang nantinya akan dirujuk kepada pihak medis untuk ditindak lanjuti kemudian saat pengobatan gratis yang diadakan oleh KKN 103 UMM.

“Program cek kesehatan keliling ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Sumbersuruh, mayoritas dari penduduk adalah petani. Hal ini membuat tidak ada waktunya untuk mereka melakukan cek kesehatan di puskesmas setempat, dengan adanya cek kesehatan keliling yang langsung mendatangi rumah warga seperti ini, diharapkan untuk kedepannya masyarakat lebih peduli dengan kesahatan” ujar Dini salah satu anggota divisi kesahatan kelompok KKN 103 UMM.

Jarak antara dusun Sumbersuruh dengan puskesmas setempat cukup jauh, berada di desa sebelah yaitu di Sumbermanjing Kulon dan akses jalannya pun buruk. Hal ini menjadi salah satu alasan masyarakat untuk jarang mengecekkan kesahatannya. (RAS)

 

 

 

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here