Kabarmlg.com – Kalau ngomongin soal film, Kangyu sudah pasti gak pernah ketinggalan! Film action, drama, comedy, apalagi horror pasti selalu update. Tapi, kangyu sudah pernah dengar tentang film indie belum? Film alternatif? Wes tau nonton durung? Nah.. kali ini kita bakal kenalan dengan film Ziarah, film indie yang akan tayang di bioskop bulan Mei mendatang. Tapi, sebelum nonton film ini kangyu harus tau dulu, dong, apa sih film indie itu?

Film indie berasal dari kata independent merupakan film-film yang dibuat secara bebas, dalam arti bebas baik secara mekanisme produksi dan finansial yang tidak bergantung pada pemilik modal, maupun mekanisme distribusi. Film indie biasa diputar di ruang-ruang pemutaran alternatif (selain bioskop) sehingga bisa juga disebut film alternatif. Pemutaran alternatif ini bisa  berupa screening atau festival-festival film. Tapi, jangan salah, ya kangyu! Meski bukan bioskop komersil, ruang pemutaran alternatif bukanlah pemutaran amatiran. Pemutaran alternatif juga memiliki standar kelayakan teknis seperti proyeksi gambar, tata suara, set up ruangan dan lain sebagainya meskipun ada yang lebih sederhana.

Sumber foto ( Novi Hanabi)

Film Ziarah merupakan salah satu film indie yang akhirnya diputar ke bioskop. Film ini semula ingin diputarkan secara gerilya melalui pemutaran di ruang-ruang alternatif di seluruh Indonesia. Namun, ruang alternatif yang dibutuhkan adalah ruang yang memenuhi standar dengan harapan penonton dapat merasakan pengalaman sinematik yang asik ketika menonton film ini. Seiring dengan harapan tersebut, tenyata ada banyak respon positif dan dukungan dari teman-teman pegiat film untuk film Ziarah dapat diputarkan ke bioskop.

“Film alternatif jangan mengurung diri di ruang yang terbatas. Kita perlu memperluas daya jangkau penonton dengan memasuki ruang-ruang yang lebih popular. Itu penting agar masyarakat popular memiliki pilihan tontonan yang lebih beragam” ungkap Novi, salah satu publicist film Ziarah.

Sumber foto (Novi Hanabi)

Film ini menjadi nominasi di beberapa festival film di Indonesia dan menjuarai film terbaik di Salamindanaw  Asian Film Festival, Philipina. Film Ziarah akan tayang di bioskop pada 18 Mei mendatang. Namun karena keterbatasan penonton film alternatif yang cendrung lebih spesifik, film Ziarah hanya akan diputar di beberapa titik yang memiliki penonton seperti Jakarta, Bandung. Yogyakarta, Solo, Purwokerto, Surabaya, Malang.

Nah.. kangyu, udah kebayang film indie itu gimana? Yuk, ramai-ramai nonton film Ziarah di bioskop! #BanggaFilmIndonesia , dong!

 

Link official trailer film ziarah https://www.youtube.com/watch?v=bSeDYN-zFgY

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here