Malang – Kepedulian terhadap lingkungan memang tidak mudah untuk ditanamkan kepada seseorang. Namun, tidak mudah bukan berarti tidak mungkin. Dalam pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN), kelompok 107 Universitas Muhammadiyah Malang mencoba menanamkan rasa peduli lingkungan pada anak melalui cara yang unik.

Kepada siswa-siswi SD Negeri 1 Maguan, Divisi Sosial Budaya menciptakan sekaligus mengajarkan Tari  Go Green yang diiringi lagu berjudul Go Green dari Super7. “Makna dari Tari Go Green ini adalah untuk menumbuhkan kepedulian anak terhadap lingkungan. Menurut kami, dengan adanya gerakan tari serta alunan musik, anak akan lebih mudah mengingat.” Jelas Yayuk, salah satu anggota Divisi SosBud.

Proses latihan Tari Go Green di SD Negeri 1 Maguan.

Di tengah proses latihan yang memakan waktu kurang lebih tiga minggu, pihak desa meminta agar Tari Go Green ditampilkan pada saat Karnaval Desa Maguan, Ngajum dalam rangka peringatan HUT RI pada Minggu (20/8).

Penampilan Tari Go Green saat Karnaval Desa Maguan.

Tari yang melibatkan 40 siswa ini berjalan dengan sangat meriah. Selain para peserta, penonton pun turut antusias. “Saya sangat senang mempelajari Tari Go Green. Meskipun cukup melelahkan, tapi saya tetap semangat.” ujar Boy, salah satu penari Go Green.

Melalui Tari Go Green, KKN 107 UMM ingin mengajarkan kepedulian terhadap lingkungan yang bisa dibuktikan dengan melakukan hal-hal sederhana seperti yang ada pada lirik lagu Go Green. Berikut sepenggal lirik lagu Go Green. (dadb)

Jangan buang sampah di sembarang tempat agar tetap bersih…

Bawalah sendiri botol minuman  untukmu dari rumah…

Bumi Cuma satu, di sinilah rumahku juga rumahmu…

Ayo kawan-kawan, kita menjaga ciptaan Tuhan…

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here