Malang – 19 Agustus 2017, Sebagai wujud kepedulian pada pendidikan, serta upaya untuk terus berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 22 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar acara Lomba Cerdas Cermat tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Desa Sumberagung yang dilaksanakan di Balai Desa Sumberagung, Ngantang, Kab. Malang.

Program pengabdian tersebut merupakan inisiasi dari divisi pendidikan kelompok 22 UMM dalam rangka menyambut HUT Republik Indonesia ke-72, salah satunya dalam bentuk kompetisi. Acara ini juga didukung oleh partisipasi SDN 02 Sumberagung, SDN 03 Sumberagung, dan kepala Desa Sumberagung beserta perangkatnya yang turut serta memfasilitasi acara lomba cerdas cermat ini.

Menurut Achmad Zein selaku ketua pelaksana acara ini menjelaskan bahwa, “Tujuan dari acara ini juga selain memeriahkan HUT RI ke-72, juga untuk menanamkan nilai-nilai sportivitas dalam berkompetisi untuk adik-adik sekolah dasar”. Ia juga menambahkan pelaksanaan acara ini juga menjadi bagian dari kontribusi nyata mahasiswa KKN untuk mengedukasi, meningkatkan mutu dan terus mengajarkan budi pekerti luhur dalam bidang pendidikan.

Dalam acara lomba cerdas cermat yang dimulai pukul 08.00-13.00 WIB ini terdapat lima mata pelajaran umum yang diuji, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Lomba ini diikuti oleh tiga siswa/i kelas tinggi tiap masing-masing sekolah. Terdapat empat babak dalam lomba ini, dengan ketentuan babak pertama  pilihan ganda, babak kedua uraian, babak ketiga soal wajib/lempar, dan babak keempat yang diakhiri dengan babak rebutan.

Dan sesuai penilaian dari divisi pendidikan, lomba cerdas cermat ini dimenangkan oleh SDN 02 Sumberagung. Menurut Atik Nur Rohita, selaku guru pendamping SDN 02 Sumberagung mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan dengan menyeleksi siswa/i dan memberikan program tambahan pelajaran sesuai kisi-kisi lomba cerdas cermat ini. Harapannya untuk kecamatan ngantang, acara lomba cerdas cermat dapat menjadi acara berkelanjutan dan tidak hanya dalam momen pengabdian KKN, tetapi juga sebagai kesempatan kepada adik-adik untuk merasakan pengalaman berkompetisi. (slv)

Dokumentasi oleh: KKN 22 UMM Sumberagung

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here